SMP 115 Jakarta Harumkan Indonesia di Internasional Children Festival di Turki

Herri Hermawan | 18 April 2019 | 14:05 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Banyak cara bagi beberapa orang untuk mengharumkan nama Indonesia.  Salah satu cara tersebut, kini sedang ditempuh oleh Sekolah Menengah Pertama (SMP) 115 Jakarta yang mewakili negara ini untuk mengikuti 11st Kocaeli Internasional Children Festival Kocaeli di Turki.

Dalam festival seni-budaya tersebut  SMP 115 Jakarta menjadi perwakilan Indonesia dari 47 negara yang ikut meramaikan. 5 tarian daerah yang mencirikan khas Indonesia akan ditampilkan di festival Kocaeli. 

Adapun tarian tersebut antara lain, Tari Greget Jawara dari Jakarta, Tari Kareppa dari Papua, Tari Tokecang dari Jawa Barat, Tari Piring dari Sumatera Barat (Sumbar) dan Tari Saman dari Aceh.

Festival berskala Internasional yang berlangsung pada 18-29 April itu, 29 siswa dari SMP 115 Jakarta begitu antusias mempersiapkan segala kebutuhannya. 

Hal itu diutarakan oleh Kepala Sekolah SMP 115 Jakarta , Yurianto saat ditemui pada acara Innaguration SMP 115 Goes To 11st Kocaeli Internasional Children Festival Kocaeli Turkey di Auditorium Binakara, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Minggu (14/4) 

"Ya, ini memang misi budaya Internasional. Alhamdulillah (SMP 115) sudah ke-12 ikuti misi budaya Internasional seperti ini. Tahun lalu (2018) kita di Polandia," ujar Yurianto.

Bukan kali ini saja,  SMP 115 Jakarta ternyata sering menampilkan tari Saman di beberapa festival festival internasional seni-budaya.

"Paling menonjol memang tari Saman. (di SMP 115) itu sudah tingkat Internasional. Insyaallah number one (nomor satu). Tahun lalu (2018) tampil di ITB (Institut Teknik Bandung). Kita itu SMP dan peserta lainnya justru dari SMU dan Mahasiswa," jelas Yurianto.

Tak butuh waktu lama  siswa dan siswi SMP 115 untuk mempersiapkan festival ini.  Dengan waktu 2 bulan latihan para penari maupun penabuh gamelan siap untuk terbang ke Turki. 

"Murid-murid luar biasa, idealnya  mereka itu latihan 9 bulan, tapi akhirnya 2 bulan sekian. Dan tarian-tarian mereka dinilai Cioff Indonesia, mereka layak tampil," sambung Yurianto

CIOFF Indonesia selaku organisasi budaya Internasional yang membawa SMP 115 Jakarta mengikuti 11st Kocaeli Internasional Children Festival Kocaeli  itu mengaku tarian Saman dari Aceh memang paling ditunggu-tunggu masyarakat dunia.

"Kita bawa  5 tarian daerah dari Indonesia. Dan memang paling ditunggu itu dari Aceh ya Tari Saman," ujar Ayu Wiranti selaku Sekretaris Jendral CIOFF Indonesia.

Ayu Wiranti menjelaskan inti dari festival tersebut ialah merayakan Hari Kedaulatan Nasional dan Anak-anak yang jatuh pada 23 April 2019 di Turki. 

Sebagai tuan rumah. Turki ingin merayakan hari anak dengan menggelar acara besar-besaran dan dimeriahkan oleh anak-anak berprestasi dari berbagai belahan dunia. 

"Nantinya tiap hari mereka (murid-murid SMP 115) menampilkan tarian-tarian daerah di Indonesia. Kenapa di Turki?, Karena 23 April mereka (masyarakat Turki) merayakan Hari Anak," jelas Ayu Wiranti.

Jadi, festival tersebut sejatinya ajang  mengenalkan seni-budaya dari tiap masing-masing negara. Bukan ajang berkompetisi atau perlombaan yang mencari pemenang dan sebagainya. 

Penulis : Herri Hermawan
Editor: Herri Hermawan
Berita Terkait