Sidang Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan Sesalkan Keterangan Ahli Bahasa

TEMPO Jumat, 26 April 2019 09:00:08
Atiqah Hasiholan menyesalkan pendapat saksi ahli bahasa yang dianggap tak konsisten. (TEMPO)

TABLOIDBINTANG.COM - Sidang kasus penyebaran berita bohong atau hoax dengan terdakwa Ratna Sarumpaet kembali digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (25/4). Putri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan, menyesalkan pendapat salah satu saksi ahli bahasa, Wahyu Wibowo, yang dianggap tidak konsisten.

"Kok jawabnya agak ragu, tidak konsisten. Disayangkan, ini kan ahli ya," ujar Atiqah Hasiholan. Padahal, kata Atiqah keterangan saksi ahli tersebut akan menetukan putusan hakim nantinya.

Seharusnya, ujar dia, saksi harus memberikan keterangan tanpa ada tekanan. Wahyu pun saat bersaksi sempat ditegur okeh Ketua Majelis Hakim Joni, lantaran Wahyu menjawab dengan ragu.

Atiqah Hasiholan menyesalkan pendapat saksi ahli bahasa yang dianggap tak konsisten. (TEMPO)
Atiqah Hasiholan menyesalkan pendapat saksi ahli bahasa yang dianggap tak konsisten. (TEMPO)

"Ahli kenapa ini agak ragu, seperti tertekan," ujar Joni. Hakim juga sempat untuk mengskor persidangan melihat Wahyu yang seperti tertekan. "Atau saya skor dulu sidangnya beberapa menit agar ahli fresh," ujarnya.

Namun tawaran tersebut ditolak Wahyu, dan sidang kembali dilanjutkan. Wahyu dalam persidangan menjelaskan makna dari  onar berati ribut atau gaduh sedangkan keonaran adalah hasil dari onar tersebut. 

Menurut Wahyu, keonaran tidak meski terjadi dalam bentuk fisik namun juga kegaduhan dalam sosial media, keonaran juga bisa terjadi dengan munculnya situasi yang membuat publik heran atau bertanya-tanya.

Saat hendak meninggalkan Rumah Tahanan Polda Metro Jaya, Ratna Sarumpaet mengungkapkan kegembiraannya lantaran sidang hari ini masuk tahap pemeriksaan saksi ahli. "Alhamdulillah sudah maju. Sudah forward, lah, bagus," ujar Ratna Sarumpaet.

TEMPO.CO

Penulis TEMPO
Editor Ari Kurniawan
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
YANG INI LEBIH HEBOH
loading...
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.