IKa, Komnas Perempuan, dan Grab Kolaborasi Cegah Kekerasan Seksual Perempuan

Tubagus Guritno Selasa, 30 April 2019 07:27:03
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Komisi Nasional Anti Kekerasan Terhadap Perempuan (Komnas Perempuan) mencatat jumlah laporan kekerasan terhadap perempuan di Indonesia yang selalu naik setiap tahunnya.

Banyak perempuan rutin menggunakan transportasi online karena dirasa terjangkau sekaligus menawarkan kemudahan. Krena itu perusahaan aplikasi transportasi online berkewajiban untuk memberikan rasa aman bagi pengguna perempuan.

Dengan memberikan rasa aman, para penumpang, khususnya perempuan akan lebih percaya dan nyaman menggunakan layanan transportasi online yang saat ini telah menjadi salah satu moda transportasi populer di Indonesia.

Dengan misi bersama untuk menciptakan layanan transportasi yang lebih aman dan nyaman bagi seluruh perempuan di Indonesia, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Komnas Perempuan dan Grab Indonesia berkolaborasi untuk mencegah tindak kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia. Kolaborasi ini ditandai dengan penandatangan perjanjian kerja sama antara Grab Indonesia, Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) dan Komnas Perempuan untuk berbagai upaya pencegahan kekerasan seksual terhadap perempuan di Indonesia. 

Kerja sama tersebut meliputi dukungan Komnas Perempuan untuk membantu Grab Indonesia dalam meningkatkan komitmen terhadap keselamatan terutama bagi perempuan, baik penumpang dan mitra pengemudi, serta komitmen Grab Indonesia untuk mendukung pencegahan dan penanganan korban kekerasan terhadap perempuan di Indonesia.

Sebagai bagian dari kerja sama tersebut dan dalam rangka peringatan Hari Kartini, IKa dan Komnas Perempuan bersama Grab Indonesia melakukan kampanye bersama untuk perempuan Indonesia.

Kampanye ini dilakukan untuk mengajak semua lapisan masyarakat khususnya pengguna Grab Indonesia untuk berdonasi melalui poin GrabRewards mulai dari tangga 1 April sampai dengan 23 April 2019.

Donasi yang terkumpul dari pengguna Grab selama masa kampanye dan di-top-up oleh Grab Indonesia berjumlah Rp 131.365.000. Dana ini akan digunakan untuk mendukung penanganan perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia.

Direktur Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Anik Wusari mengatakan bahwa dukungan untuk Pundi Perempuan ini akan disalurkan bagi perempuan korban kekerasan seksual.

“Kampanye ini dilakukan untuk mengajak masyarakat menyumbang, berdonasi bagi para perempuan korban kekerasan seksual di Indonesia,” kata Anik Wusari.

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) sangat mendukung perusahan transportasi online seperti Grab yang berkomitmen dalam mencegah kekerasan seksual di jalanan. Ini merupakan upaya yang sangat baik yang dilakukan perusahaan untuk bersama-sama melakukan stop kekerasan seksual terhadap perempuan.

Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa) juga mendorong diadakannya mekanisme keluhan bagi para pengguna transportasi online, terutama perempuan. Karena ini merupakan upaya untuk memperkecil jumlah kekerasan terhadap perempuan, karena kekerasan yang terjadi di jalan akan membatasi ruang gerak perempuan.

Perempuan yang terbatas ruang geraknya akan terhambat dalam mengakses fasilitas dasar seperti pemanfaatan layanan dasar, partisipasi perempuan di sekolah, pekerjaan serta kehidupan bermasyarakat. Selain itu perempuan jadi mengurangi aktivitas di malam hari menggunakan transportasi publik khususnya di malam hari. Maka kita harus terus mendukung upaya perusahaan transportasi online yang berupaya mewujudkan rasa aman bagi perempuan.

Selama ini dukungan dari Pundi Perempuan diberikan pada women crisis center di Indonesia dari Aceh hingga Papua. Women crisis center selama ini bekerja untuk melakukan pendampingan bagi perempuan korban kekerasan seksual, dari mendampingi korban menyelesaikan kasus yang dialami hingga melakukan kampanye dan melakukan perubahan kebijakan bagi perempuan korban kekerasan seksual.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia, menjelaskan tentang Grab yang akan terus mendukung upaya keamanan dan keselamatan perempuan.

”Sejak awal didirikan, keamanan dan keselamatan telah menjadi DNA Grab. Sebagai everyday superapp terkemuka di Asia Tenggara, kami selalu mendukung para perempuan Indonesia untuk mengambil peranan di masyarakat dengan membangun platform transportasi yang aman dan nyaman dengan fitur-fitur keselamatan yang terus kami kembangkan. Grab juga hadir dengan misi meningkatkan kesejahteraan mitra-mitra pengusah mikro kami, yang 30 persen di antaranya adalah perempuan. Kami pun sangat senang dapat ambil bagian dalam upaya mendukung penanganan korban kekerasan terhadap perempuan lewat kerja sama donasi GrabRewards untuk Pundi Perempuan ini.”

Pundi Perempuan adalah upaya penggalangan dana bagi lembaga pengada layanan yang bekerja untuk pendampingan perempuan korban kekerasan, serta dana darurat yang dapat diberikan untuk perempuan pembela/pejuang/pekerja HAM yang mengalami ancaman keselamatan maupun kondisi kesehatan kritis baik psikis

Digagas oleh Komnas Perempuan pada tahun 2000, dan mulai tahun 2003 dikelola bersama Indonesia untuk Kemanusiaan (IKa), Pundi Perempuan menghadirkan model hibah yang memberdayakan sesuai dengan nilai-nilai perubahan sosial yang diharapkan.

Selama ini sebanyak 90 organisasi/ individu sudah menerima dana hibah Pundi Perempuan yang terdiri dari: 78 organisasi layanan, 3 organisasi korban, 5 individu pekerja kemanusiaan dan 4 dana bergulir bagi pengembangan ekonomi perempuan.


Penulis Tubagus Guritno
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore