Krisdayanti Raih Suara Terbanyak di Kota Batu, Kalahkan Legislator Inkumben

TEMPO | 3 Mei 2019 | 07:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Krisdayanti meraup 15.473 suara pemilihan legislator Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia di Kota Batu, Jawa Timur. Krisdayanti maju sebagai calon legislator DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Timur V Malang Raya yang meliputi Kabupaten Malang, Kota Malang, dan Kota Batu dari PDI Perjuangan. 

Untuk sementara, Krisdayanti menjadi peraih suara terbanyak di kota kelahirannya yang terdiri dari tiga kecamatan itu. Perolehan suara Krisdayanti di Batu melebihi calon legislator inkumben PDI Perjuangan Ahmad Basarah. Basarah meraih 7.383 suara dan kemungkinan besar juga melenggang ke Senayan bersama Krisdayanti. 

Diperkirakan dia telah meraup lebih dari 25 ribu suara di Dapil Malang Raya. Perolehan suaranya bisa saja bertambah lagi karena Kabupaten Malang dan Kota Malang belum menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK.

“Alhamdulillah, proses rekapitulasi sudah kami selesaikan. Hasilnya pun sudah kami serahkan ke ke KPU Provinsi Jawa Timur. Mbak Krisdayanti memang jadi caleg dengan perolehan suara terbanyak di Batu,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batu Saifuddin, Kamis, 2 Mei 2019. 

Saifuddin memastikan seluruh proses rekapitulasi lima surat suara berjalan lancar. Perolehan suara pasangan calon presiden dan calon wakil presiden, partai politik, serta calon legislator dan senator (Dewan Perwakilan Daerah) sesuai dengan hasil rekapitulasi oleh PPK. 

Sesuai jadwal, PPK Kota Batu harus rekapitulasi penghitungan suara dalam tempo 18 April hingga 4 Mei 2019. Sedangkan Kabupaten Malang dan Kota Malang diberi waktu sejak 20 April hingga 7 Mei. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi penghitungan suara itu pula diketahui pasangan 01, Joko Widodo-KH Mar’uf Amin menang telak di di Kota Batu dengan perolehan 101.321 suara atau 74 persen dari total 136.755 suara sah. Surat suara tidak sah sebanyak 3.676 lembar. Sedangkan pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mendapat 35.434 suara atau 26 persen dari total suara sah. 

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait