Menkominfo Rudiantara: WhatsApp dan Medsos Normal Lagi

TEMPO | 25 Mei 2019 | 16:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menyebut pembatasan akses sejumlah fitur berbagi video dan gambar di aplikasi WhatsApp, Instagram dan Facebook atau media sosial (medsos) berakhir hari ini.

"Situasi kerusuhan sudah kondusif sehingga pembatasan akses fitur video dan gambar pada media sosial dan instant messaging difungsikan kembali. Antara pukul 14.00 - 15.00 sudah bisa normal," kata Rudiantara dalam keterangan yang diterima Tempo, di Jakarta, Sabtu (25/5).

Pemerintah memberlakukan pembatasan sejumlah fitur berbagi video dan gambar di aplikasi WhatsApp, Instagram, dan Facebook mulai Rabu (22/5). Pembatasan dilakukan pada kecepatan unggah-unduh video dan gambar di aplikasi tersebut.

Kebijakan ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran hoaks setelah penetapan pemenang pemilu dan aksi 22 Mei. Dalam keterangan resmi pemerintah, pembatasan akses sejumlah medos akan berlangsung selama tiga hari dan akan berakhir 25 Mei.

Lebih lanjut, Rudiantara mengajak semua masyarakat yang menggunakan medsos untuk senantiasa menjaga dunia maya supaya bisa tetap positif. Dalam hal ini tanpa disertai dengan penyebaran hoax atau berita bohong.

"Ayo kita perangi hoaks, fitnah, informasi-informasi yang memprovokasi seperti yang banyak beredar saat kerusuhan," kata Rudiantara.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait