Izin Pilot Vincent Raditya Dicabut Usai Manuver Zero Gravity Bareng Limbad

TEMPO | 29 Mei 2019 | 13:50 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Izin single engine pilot vlogger Vincent Raditya dicabut Kementerian Perhubungan setelah melakukan manuver zero gravity saat terbang bersama pesulap Limbad, yang videonya heboh di Youtube.Surat pembatalan izin penerbangan untuk pesawat bermesin tunggal resmi dikeluarkan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub pada 21 Mei lalu.

Tapi apa sebenarnya zero gravity, dan apa bahayanya untuk penerbangan sipil? Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub dalam keterangan tertulis
menjelaskan ihwal aksi nol gravitasi yang dianggap tak lazim itu. "Manuver zero gravity atau G Force bukan manuver yang normal atau lazim dilakukan dalam penerbangan sipil," ujar Polana dalam siaran pers yang diterima Tempo Rabu, 29 Mei 2019.

Manuver nol gravitasi dianggap dapat menimbulkan ketidaknyamanan pada penumpang. Bahkan, dalam kondisi tertentu akan membahayakan dan berpotensi mengakibatkan kecelakaan. Manuver yang dilakukan oleh seseorang yang tidak menguasai dengan baik aspek-aspek terbang aerobatik dan batasan performa pesawat terbang dapat membuat pesawat mengalami stres berlebih. Potensi error itu akan menimpa bagian airframe atau flight control karena overload.

Sebelum pencabutan izin single engine dilakukan, Polana mengatakan, pihaknya sudah memanggil pilot Vincent Raditya untuk menghadiri rapat pembahasan indikasi pelanggaran bersama regulator. Direktorat juga menggelar investigasi untuk merespons aksi itu. Investigasi ini mengacu pada rekaman video yang menunjukkan bahwa Vincent menerbangkan pesawat berjenis Class Rating C172 dengan manuver zero gravity.

Mengacu pada video yang telah viral di YouTube, Kementerian Perhubungan akhirnya mengeluarkan surat pencabutan izin terbang single engine Vincent. Tempo menerima salinan dokumen itu dari Direktur Kelaikudaraan dan Pengoperasian Penerbangan Udara Kemenhub Capt Avirianto pada Kamis petang, 28 Mei 2019. Vincent Raditya belakangan mengunggah pernyataan resminya dalam sebuah video. Ia mengakui bahwa izin terbangnya untuk pesawat bermesin tunggal (single engine) dibatalkan. "Lisensi saya dicabut. Saya yakin semua turut prihatin," ucapnya dalam rekaman.

Video Vincent Raditya yang mengemudikan pesawat dengan zero gravity viral di media sosial. Lewat akun YouTube resminya, Vincent menjelaskan bahwa zero gravity itu ia terapkan saat membawa penumpang pesulap Limbad. Vincent Raditya mengatakan niatnya menerapkan zero gravity untuk membuat Limbad bersuara. Pesulap itu memang terkenal pantang bersuara kepada publik. Dan benar, Limbad sontak berteriak ketakutan. Vincent pun terbahak-bahak karena Limbad akhirnya membuka suara.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait