Sebelum Wafat, Ani Yudhoyono Sempat Memesan Kain Seragam Lebaran Keluarga

TEMPO | 5 Juni 2019 | 12:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Mantan Ibu Negara Ani Yudhoyono rupanya sudah jauh-jauh hari memesan kain yang bakal digunakannya untuk seragam keluarga saat berlebaran. Kain berbahan dasar hitam dengan warna motif emas itu dipesannya tiga hari sebelum dilarikan berangkat ke Singapura untuk berobat yang kemudian diketahui mengidap kanker darah hingga meninggal pada Sabtu, 1 Juni 2019 lalu di National University Hospital, Singapura.

Cerita tentang kain ini disampaikan oleh Coreta Louise, sahabat Ani Yudhoyono yang sama-sama menggeluti pelestarian budaya Indonesia lewat Instagramnya pada Senin (3 /6). “Tiga hari sebelum berangkat ke Singapura, almarhumah ibu @aniyudhoyono sudah memilih batik Pekalongan dengan motif burung terbang ke taman surga untuk dikenakan saat lebaran nanti,” tulis Coreta.

Kain itu kemudian digunakan untuk menutup jenazah istri Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono. Dengan kain itu pula, dua menantu Ani Yudhoyono, Annisa Pohan dan Aliya Rajasa menggunakannya untuk melepas jenazah ibu mertuanya di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Minggu (2/6). Keduanya kompak berkebaya putih dengan bawahan berbalut kain burung terbang ke taman surga itu.

Saat menjalani pengobatan kanker, Annisa Pohan pernah mengunggah cerita perihal Ani Yudhoyono yang memesan kain untuk berlebaran di akun Instagramnya pada 28 April lalu. Ia mengunggah foto dirinya bersama Ani Yudhoyono kompak berkebaya putih berkain merah untuk menghadiri Upacara Kenaikan Bendera 17 Agustus di Istana Negara.

“Bahkan untuk lebaran tahun ini, Memo sudah pesankan jauh hari sebelum beliau sakit dan kain batiknya baru saja jadi dan segera kami jahit untuk nanti berlebaran di Singapore,” tulis Annisa Pohan pada unggahan itu.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait