Annisa Pohan Puji Pidato Jokowi di Pemakaman Ani Yudhoyono, Netizen: Sindir Prabowo

TEMPO | 5 Juni 2019 | 14:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Annisa Pohan, istri Agus Harimurti Yudhoyono, meposting foto lama saat keluarga besar Susilo Bambang Yudhoyono bertemu Presiden Jokowi dan Iriana Widodo dalam sebuah acara di Instagramnya. Unggahan itu sebagai ungkapan terima kasih kepada Presiden Jokowi yang memberikan pidato perpisahan saat prosesi pemakaman Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta, Minggu (2/6) lalu.

Dalam foto yang diunggah pada Selasa (4/6) itu terlihat Susilo Bambang Yudhoyono atau SBY, Ani Yudhoyono, Agus Harimurti Yudhoyono, Annisa Pohan, Edhie Baskoro (Ibas), Aliya Rajasa, dan Airlangga Satriadi Yudhoyono yang tampak belakang. Jika dilihat dari foto tersebut, terlihat perhatian mereka mengarah kepada Airlangga. Di bagian caption, Annisa Pohan memberikan pujian untuk pidato Jokowi saat pemakaman ibu mertuanya.

“Terima kasih kepada Presiden @jokowi yang sudah memberikan pidato perpisahan kepada Memo @aniyudhoyono di pelepasan terakhirnya di TMP Kalibata. Pidato Bapak sangat indah…jika Ibu dapat melihat semuanya pasti akan sangat berbahagia dan tersenyum kepada Bapak seperti di foto ini. ‘Flamboyan telah pergi, namun akan tetap hidup di hati’,” tulis Annisa Pohan pada keterangan foto itu.

Flamboyan merupakan sebutan yang diberikan SBY kepada Ani Yudhoyono yang wafat pada Sabtu (1/6) setelah empat bulan melawan kanker darah di National University Hospital, Singapura. Menurut Ani Yudhoyono, nama Flamboyan mengacu kepada nama jalan rumahnya saat itu di Magelang, sewaktu ayahnya, Sarwo Edhie Wibowo menjabat sebagai Gubernur AKABRI di Magelang. Julukan itu diberikan SBY saat menulis surat berisi puisi cinta kepada Ani Yudhoyono.

Unggahan ini pun ramai komentar netizen. Sebagian memberikan dukungan kepada Annisa Pohan dan keluarga besar Yudhoyono. “Ibu pasti masih mendengar kala itu…Semoga husnul khatimah..,Aamiin,” kata @anisatulm29.

Ada juga yang berkomentar meninggalnya Ani Yudhoyono dapat menyatukan perbedaan pilihan politik. “Bahkan di akhir hayatnya pun, Memo mempersatukan yang sempat terpecah,” ucap @deninkayupratama. “Lihat pemandangan gini sejuk…beda politik tapi masih menjaga persatuan,” kata @salmanaljawy.

Tapi juga ada netizen yang menyebut unggahan Annisa Pohan ini untuk menyindir Prabowo yang datang bertakziah pada Senin (3/6) dengan menyebut soal pilihan politik Ani Yudhoyono yang membuat geram SBY. “Statusnya nyindir gitu ya…ckckckck,” komentar @amyra.6871.

“Sindir halusss, so smooth….stay strong Mbak Annisa,” kata @olifivebriyola. “Beda ya sama pidato @prabowo yang terlalu obsesi banget jadi presiden…Sampai gak lihat-lihat tempat,” ucap @dumaririskeinara.

TEMPO.CO

Penulis : TEMPO
Editor: TEMPO
Berita Terkait