Prosesi Pemakaman Jenazah BJ Habibie, Banyak Warga Tak Bisa Masuk 

Supriyanto | 12 September 2019 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jenazah Presiden RI ke-3, Baharudin Jusuf Habibie dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pada Kamis (12/9) siang setelah waktu salat zuhur.

Rombongan pengantar jenazah tiba di TMP Kalibata sekitar pukul 13.30 WIB disambut langsung oleh Presiden Joko Widodo dengan memberi hormat. 

Memasuki pintu gerbang TMP Kalibata, jenazah BJ Habibie yang berada di dalam peti dibungkus kain merah putih mendapat hormat senjata atau salvo.

Memasuki area pemakaman, ratusan orang dari berbagai kalangan menyanyikan lagu Gugur Bunga mengiringi jenazah hingga ke liang lahat.

Dari pantauan wartawan, daerah sekitar lokasi pemakaman dipadati banyak orang hingga ribuan.

Selama proses pemakaman berjalan, di luar TMP Kalibata tampak ramai karena tidak bisa masuk ke dalam untuk menyaksikan langsung jebazah BJ Habibie dikebumikan.

Ratusan orang ditahan oleh anggota Paspampres karena di dalam sudah dianggap penuh, dipadati pelayat. Beberapa ada yang berteriak karena datang dari jauh tapi malah tak bisa masuk.

Presiden RI ke-3, Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) meninggal dunia pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB di RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Ada 44 dokter yang tergabung dalam tim dokter kepresidenan yang menangani kesehatannya. Mereka adalah para dokter spesialis dari berbagai bidang, dari ahli jantung hingga otak.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait