Yayasan Bulir Padi dan Plan Indonesia Targetkan 400 Kaum Muda Marjinal Siap Kerja

Redaksi | 23 November 2019 | 03:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Yayasan Bulir Padi menjalin kemitraan dengan Yayasan Plan International Indonesia (Plan Indonesia) melalui program Wired For Work (W4W) untuk mendukung ketenagakerjaan kaum muda, khususnya di Jakarta. Diadaptasi dari kesuksesan program serupa di Asia dan Amerika Latin, program ini mengintegrasikan aset digitalnya ke dalam jalur kerja kaum muda Plan (Ketenagakerjaan, Kewirausahaan, dan Pemberdayaan Kaum Muda). Program W4W memperluas akses dan kesempatan bagi kaum muda, terutama perempuan, untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dengan pembekalan keterampilan siap kerja, diantaranya kecakapan hidup dan pelatihan teknis.

“Yayasan Bulir Padi bangga dapat bekerja sama dengan Yayasan Plan International sebagai mitra dalam menjalankan program Wired 4 Work! Program ini sejalan dengan strategi kerja kami untuk membekali kaum muda marjinal di Jakarta dengan keterampilan siap kerja, agar mereka dapat menjadi sumber daya manusia yang unggul ketika masuk dalam dunia kerja,” ujar Tia Sutresna, Pendiri & Direktur Strategi dan Program, Yayasan Bulir Padi.

Dini Widiastuti, Direktur Eksekutif Plan Indonesia mengungkapkan bahwa Plan Indonesia berupaya untuk memberikan kesempatan yang setara bagi anak perempuan dan kaum muda perempuan untuk mendapatkan pekerjaan layak.

Badan Pusat Statistik (BPS) DKI Jakarta mencatat Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di DKI Jakarta adalah 5,13% pada Februari 2019. Berdasarkan tingkat pendidikan, TPT untuk penduduk dengan jenjang pendidikan SMK merupakan yang tertinggi dan berada di angka 7,82%. Angka TPT untuk penduduk dengan jenjang pendidikan terakhir SMK ini meningkat dari tahun sebelumnya pada Februari 2018 yang berada di angka 7,16%.

“Program kami sejalan dengan misi Pemerintah dalam membentuk SDM unggul Indonesia yang dinamis dan terampil," kata Tia Sutresna, dalam rilis yang kami terima.

Sebagai mitra kerja program W4W, Yayasan Bulir Padi menargetkan sebanyak 400 kaum muda marjinal di Jakarta pada periode 2019-2020 untuk siap kerja, dimana 75% dari jumlah kaum muda tersebut adalah perempuan.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait