Gerakan Pramuka Menggelar Rapat Kerja Nasional 2020

Redaksi Senin, 17 Pebruari 2020 14:14:55
Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso.  

TABLOIDBINTANG.COM - Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Gerakan Pramuka akan digelar pada 19-21 Februari 2020 di Taman Rekreasi Wiladatika Cibubur, Jakarta.

Rapat yang dihadiri pimpinan Kwartir Daerah se-Indonesia ini akan dibuka Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) yang juga anggota Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka, Kak Zainudin Amali, pada Rabu (19/02) pukul 12.00 WIB.  

“Tema Rakernas 2020 adalah Peningkatan Peran Gerakan Pramuka dalam Bela Negara dan Penanggulangan Bencana,” kata Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Kak Budi Waseso.  

Ditambahkan Kak Budi, anggota pramuka  selalu yang terdepan ketika terjadi bencana hidrometeorologi dan geologi di wilayahnya.  Hal ini sesuai dengan Tri Satya dan Dasa Dharma yaitu ‘Pramuka Itu Rela Menolong dan Tabah’.  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan piagam penghargaan kepada Kwarnas  sebagai organisasi/NGO yang peduli dan berperan aktif dalam penanggulangan bencana tahun 2019.   

“Saya mendorong pimpinan Kwarda, Kwarcab dan Kwarran terus meningkatkan kepedulian sosial dalam bentuk kegiatan bakti masyarakat (community service) dan pembangunan masyarakat (community development) di daerahnya, secara berkala,” ujarnya. 

Kak Budi Waseso berharap Pramuka juga menjadi yang terdepan dalam bela negara, membantu mengatasi masalah-masaah intoleransi, ujaran kebencian, kabar bohong (hoax), aksi perundungan (bullying), tawuran, penyalahgunaan narkoba, dan aksi kriminalitas yang melibatkan kaum muda. 

Gerakan Pramuka selama ini melakukan pendidikan karakter, keterampilan hidup dan meningkatkan kesehatan jasmani dan rohani bagi anggotanya (siaga, penggalang, penegak dan pandega). 

Ketua Panitia Rakernas 2020 Kak Chairul Huda menjelaskan seusai upacara pembukaan, secara berturut-turut Kwarnas mengundang Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Kak Nadiem Makarim; Menteri Pertahanan Kak Prabowo Subianto; Menteri Dalam Negeri Kak Tito Karnavian; dan Kepala BNPB Kak Doni Monardo untuk memberikan paparan di depan sekitar 250 peserta Rakernas 2020. 

“Agar pimpinan Kwarda seluruh Indonesia mengetahui perkembangan terkini kebijakan pemerintah dan kaitannya dengan pendidikan kepramukaan,” ujarnya. 

Kwarnas juga mengundang pimpinan Komisi X DPR untuk hadir pada saat konperensi pers pada Rabu (19/02) pukul 12.30 WIB dan pembukaan Rakernas. 

DPR dan pemerintah telah sepakat revisi UU Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka masuk dalam program legislasi nasional (Prolegnas) Prioritas tahun 2020. Tim yang dibentuk Kwarnas sedang menyiapkan draft naskah akademik dan draft RUU tersebut.  

Kak Budi Waseso juga mengajak anggota pramuka dan masyarakat menyaksikan pameran foto pada 19-21 Februari 2020 yang akan dibuka secara resmi oleh Menpora sesaat setelah pembukaan Rakernas Gerakan Pramuka 2020.


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore