Produksi APD Sendiri, Samuel Wongso Kirim Bantuan ke Rumah Sakit dan TPU

Supriyanto | 17 April 2020 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Perancang busana Samuel Wongso memberikan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada paramedis yang menangani pasien Corona. Pimpinan Wong Hang Tailor itu memproduksi sendiri APD yang disumbangkan dalam jumlah besar.

"Kita lahir, hidup, dan cari makan di Indonesia. Kita berusaha berkontribusi. Kita punya kapasitas menjahit mulai dari skill, human resources, dan peralatan memadai," ujarnya kepada wartawan, Jumat (3/4).

Pemain film A Man Call Ahok itu mengaku prihatin mendengar banyak rumah sakit yang kekurangan APD untuk tenaga medis. Hal tersebut menggerakan Samuel Wongso untuk melakukan donasi.

"Kita 20 persen orang di sini fokus ngerjain ke APD dulu. Ini kan lagi puncaknya (Corona), bikinnya nggak asal-asalan harus cepat, rapi, dan sesuai standar," terang Samuel Wongso.

Rencananya, APD yang diproduksinya akan dikirim ke beberapa rumah sakit penanggulangan virus Corona. Samuel akan mengirim ke daerah Manado dan Purwakarta.

"Keluarga istri kan dokter umum di Manado, dia minta tolong kalau bisa segera didistribusikan karena APD di sana sangat dibutuhkan. Satu APD dipakai sampai 3 kali di sana. Rumah sakit besar aja di sana nggak cukup APD-nya," terang Samuel.

"Kita juga akan kirimkan ke Purwakarta. Kita juga menerima permintaan, cuma sama tim nanti akan diverifikasi dulu benar nggak ini? Jangan sampai jatuh ke tangan orang tak bertanggung jawab kemudian dijual lagi. Ini ada yang free, ada yang donasi," pungkas Samuel Wongso.

APD yang dibuat oleh timnya pun tidak sekali pakai. APD tersebut nantinya bisa dicuci dan dipakai lagi. Samuel Wongso juga memberi bantuan APD lengkap dengan face shield ke beberapa TPU di Jakarta yang membutuhkan.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait