Tanaman Hias: Rajin Membeli Malas Merawat

Redaksi | 24 Juli 2020 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Datang ke tempat penjual tanaman hias memang bisa memberikan keasyikan tersendiri. Melihat berbagai tanaman tumbuh indah terawat, membuat kita membayangkan betapa elok kalau halaman depan atau belakang rumah kita juga disegarkan berbagai macam tanaman hias. 

Di tengah pandemi covid-19 berburu tanaman hias menjadi kesibukan baru banyak orang kota. Tak hanya mendatangi penjual yang banyak menjajakan dagangan di pinggir jalan. Beberapa bahkan mendatangi langsung petani pembudi daya tanaman hias. Tak hanya demi mendapatkan harga murah, tapi juga tanaman hias dengan kualitas terbaik. Sosial media pun mulai diramaikan postingan berbagai tanaman hias yang hangat diperbincangkan.

Saat ini beberapa jenis tanaman hias menjadi popular dan diburu banyak peminat. Mulai dari Monstera, Aglonema varian tertentu, Kaktus Koboi, dan beberapa yang lain. Seperti yang sudah-sudah, jenis tanaman hias yang sedang tren harganya tiba-tiba melambung. Tapi demi memuaskan hasrat banyak orang rela mengeluarkan uang jutaan untuk mendapatkan Monstera yang katanya sedang digandrungi.

Tanaman hias sudah lama menjadi bagian dari gaya hidup orang kota. Silih berganti jenis tanaman hias yang tiba-tiba ngetren dan banyak dicari. Tak penting mencari tahu siapa di balik tren tanaman hias. Sebagai penggemar yang sedang mengikuti tren, Anda hanya perlu menyadari tren datang silih berganti. Tanaman hias yang dulu sempat ngetren dan harganya sangat mahal, sekarang sudah dilupakan dan otomatis harga turun jauh. Siklus ini akan terus terjadi. Memang ada tanaman hias jenis tertentu yang meski tidak pernah benar-benar ngetren tapi tepat punya peminat.

Bagi yang bukan peminat serius alias sekadar ikut-ikutan membeli tanaman hias yang sedang tren, penting untuk menyadari fakta ini.

Tanaman hias yang dipajang penjual memang tampak indah memesona. Tapi kondisi itu tentu tak terjadi begitu saja. Para penjual itu meluangkan waktu khusus merawat dagangannya agar tampak menarik dipandang. Setelah membeli, Anda juga punya kewajiban sama: merawat tanaman hias itu agar tumbuh indah. 

Kecenderungan ingin mendapatkan segala sesuatu secara instan, seketika, juga berlaku dalam urusan tanaman hias. Kita tak mau repot, maunya langsung bisa memiliki tanaman hias yang indah. Tapi seindah apapun tanaman hias yang baru kita beli, pelan-pelan akan kehilangan pesonanya kalau tak dirawat. Seperti banyak hal dalam hidup, diperlukan ketekunan juga kesebaran sebelum tanaman hias milik kita menjadi sedap dipandang. Jangan hanya rajin membeli tapi malas merawat.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait