Kasus Positif Covid-19 Masih Tinggi, Disiplin New Normal Jangan Turun

Redaksi | 28 Juli 2020 | 10:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kasus penularan virus Corona masih belum ada tanda-tanda menurun. Beberapa hari terakhir penambahan kasus positif covid-19 di Indonesia masih tinggi, di atas 1.000. Saat ini total jumlah kasus di Indonesia sudah tembus 100.000, tepatnya 100.303. Jumlah yang sembuh sebanyak 58.173 dan yang meninggal 4.838 orang. Sementara total jumlah kasus di seluruh dunia sekarang sudah di angka 16.636.430, 10.225.863 sembuh dan 656.081 meninggal dunia.

Masyarakat yang mulai banyak beraktivitas di luar rumah dikhawatirkan akan memunculkan kluster-kluster baru penularan. Perkantoran, pasar, dan tempat-tempat masyarakat berkerumun  berpotensi jadi kluster penularan kalau disiplin diabaikan. Ini memang dilematis. Masyarakat tak mungkin terus diam di rumah. Bagi banyak orang, yang karena jenis pekerjaannya, berada di rumah saja berarti tak ada penghasilan. Banyak juga jenis pekerjaan yang efektivitasnya ditentukan oleh kehadiran fisik. Meminta mereka tetap di rumah jelas mustahil. 

Roda ekonomi, roda kehidupan tetap harus berjalan di tengah pandemi Corona yang mengkhawatirkan ini. Melihat jalanan yang mulai macet, gedung-gedung perkantoran sudah dipenuhi karyawan, tanpa sadar bisa membuat kita salah sangka. Seolah kehidupan sudah kembali normal. Padahal kita semua tahu virus Corona masih ada dan vaksinnya belum ditemukan. Entah sampai kapan. Bisa jadi memakai masker dan menjaga jarak harus terus kita lakukan untuk jangka waktu yang sangat lama.

Virus Corona sudah memaksa kita berubah dan memasuki zaman yang tidak normal. Sepertinya kita belum boleh tergesa-gesa berharap kehidupan kembali seperti kemarin. Atau bahkan tak pernah kembali. Kini kita hidup di dunia yang berbeda. Menyesuaikan diri, dengan memakai masker dan menjaga jarak, sudah harus menjadi bagian keseharian. Tanpa perlu ada yang mengawasi, tanpa perlu takut ada sanksi. Semua dilakukan sebagai cara bertahan di zaman baru. Kita semua perlu senantiasa mengingatkan diri sendiri: kasus penularan Covid-19 masih tinggi, disiplin menerapkan protokol New Normal tak boleh turun. 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait