Kabar Duka: Suami Nani Wijaya, Sastrawan dan Budayawan Ajip Rosidi Meninggal

Tubagus Guritno Kamis, 30 Juli 2020 04:15:52
Ajip Rosidi saat menikahi Nani Wijaya pada tahun 2017 (Seno Susanto / tabloidbintang.com)

TABLOIDBINTANG.COM - Sastrawan dan budayawan Ajip Rosidi yang juga suami dari aktris senior Nani Wijaya, meninggal dunia dalam usia 82 tahun pada Rabu (29/7) malam sekitar pukul 22.30 WIB.

Seperti keterangan yang dikutip dari kantor berita Antara, almarhum menghembuskan nafas terakhirnya saat dalam perawatan pascaoperasi di RSUD Tidar, Magelang, Jawa Tengah

"Betul, saya sedang "ke sana ke mari" (mengurus segala sesuatu -red.) ini," kata salah seorang anak Ajip Rosidi, Nundang Rundagi, yang dihubungi Antara pada Rabu malam.

Ajip Rosidi menjalani perawatan dan operasi di RSUD Tidar Kota Magelang, karena sakit sejak sekitar seminggu terakhir, akibat terjatuh di rumah anaknya di Pabelan, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang.

Nundang menyatakan belum bisa memberikan keterangan lebih jauh terkait dengan rencana pemakaman karena dirinya masih sibuk mengurus jenazah ayahnya.

Dalam keterangan Nundang sebelumnya, Ajip harus menjalani operasi karena perdarahan di otak, akibat terjatuh tersebut.

Ajip Rosidi saat menikahi Nani Wijaya pada tahun 2017
Ajip Rosidi saat menikahi Nani Wijaya pada tahun 2017

Ajib Rosidi lahir di Jatiwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Kariernya di dunia sastra dimulai sejak duduk di bangku sekolah dasar. Kelas enam SD dia sudah menulis dan tulisannya dimuat dalam surat kabar Indonesia Raya. Ketika berusia empat belas tahun, karyanya dimuat dalam majalah Mimbar Indonesia, Siasat, Gelanggang, dan Keboedajaan Indonesia.

Ajip Rosidi menulis puisi, cerita pendek, novel, drama, terjemahan, saduran, kritik, esai, dan buku yang erat kaitannya dengan bidang ilmu yang dikuasainya, baik dalam bahasa daerah maupun bahasa Indonesia. Karya kreatifnya ditulis terutama pada periode 1953—1960. H.B. Jassin menggolongkannya ke dalam kelompok Angkatan 66.

Ajip Rosidi telah menghasilkan ratusan karya dalam bentuk buku maupun publikasi tulisan. Ia juga meraih gelar doktor kehormatan, honoris causa, bidang ilmu budaya dari Universitas Padjadjaran pada 2011. 

Penulis Tubagus Guritno
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.