Belum Pernah Terjadi, Ada Produk yang Dinantikan Seluruh Manusia di Muka Bumi

Redaksi | 30 Juli 2020 | 22:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sekarang ini untuk pertama kalinya dalam era kita seluruh manusia di muka bumi sama-sama menginginkan dan mengantisipasi kehadiran produk yang sama: vaksin virus Corona. Belum pernah terjadi ada produk yang kedatangannya begitu diharapkan seluruh manusia di planet ini. Semua negara dan industri farmasi di seluruh dunia sedang berburu dengan waktu untuk menjadi yang lebih dulu menemukan vaksin virus Corona.

Setelah menyelesaikan semua tahapan uji klinis dan terbukti efektif dan aman serta mendapat persetujuan regulator, vaksin virus Corona akan menjadi produk yang diperebutkan semua orang. Beberapa negara kaya bahkan sudah menggelontorkan uang jutaan dollar untuk memastikan mendapatkan vaksin virus Corona. Indonesia sebagai salah satu negara yang membutuhkan vaksin Corona juga sudah melakukan berbagai antisipasi. Termasuk bekerja sama dengan produsen yang tengah melakukan uji klinis vaksin virus Corona.

Saat ini ada beberapa vaksin virus Corona yang sedang menjalani uji klinis. Masih banyak tahapan yang harus dilalui sebelum bisa diproduksi secara massal. Sebelum vaksin ditemukan, beberapa obat yang sudah tersedia sebelumnya, dijadikan alternatif untuk mengobati pasien covid-19. Beberapa nama obat sempat jadi perbincangan. Tapi sampai saat ini, vaksin virus Corona masih dianggap alternatif terefektif menaklukkan virus yang berasal dari Wuhan, China ini.

Manusia, lewat tekonologi dan kedokteran modern sudah berhasil menaklukkan banyak penyakit, yang di masa lalu membunuh banyak orang. Banyak penyakit yang dulu begitu menakutkan, sekarang sudah ditemukan obatnya. Saat ini, industri farmasi, teknologi kedokteran modern, dan semua negara menghadapi tantangan serius dari virus Corona. Terutama karena virus ini tak hanya mengancam kesehatan masyarakat, tapi juga menghancurkan perekonomian dunia dan mengubah banyak tatanan sosial.

Dalam tulisannya yang sangat cermerlang, sejarawan Yuval Noah Harari menyerukan solidaritas global untuk menghadapi pandemi ini. Seruan ini terasa makin relevan saat semua negara, kaya atau miskin, maju atau berkembang, sama-sama sedang menantikan ketersediaan vaksin Corona. Penemuan vaksin virus Corona harus menjadi kemenangan umat manusia melawan virus. Bukan kemenangan perusahaan farmasi atau negara kaya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait