Pencarian Sriwijaya Air SJ-182, Malam Hari Operasi SAR Tetap Dilaksanakan

Redaksi | 11 Januari 2021 | 20:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pada Minggu (10/1/2021) pukul 17.00 WIB, Posko Terpadu operasi SAR Sriwijaya SJ-182 di JICT 2 Tanjung Priok menerima lagi obyek pencarian. Obyek terdiri dari serpihan pesawat dan body part. Penyerahan serpihan dan body part korban tersebut diserahkan tim penyelam Marinir yang dikoordinir oleh Letkol TNI (Mar) M Fadilla. 

Ini penyerahan yang ke-5 selama pelaksanaan operasi SAR hari kedua (H+2) hingga pukul 17.00. Seperti sebelumnya, Direktur Operasi Basarnas Brigjen TNI (Mar) Rasman selaku SAR Mission Coordinator (SMC) menyerahkan ke pihak DVI dan KNKT. 

SMC menyampaikan bahwa operasi tetap dilaksanakan pada malam hari. "Operasi tetap kami laksanakan pada malam ini, tapi terbatas pada pengoperasian kapal-kapal yang dilengkapi dengan peralatan bawah laut seperti Multibeam Echosounder dan Remotely Operated Vehicle (ROV)," jelasnya. 

Saat menemukan obyek yang dicari, maka ROV akan memberikan marking koordinat untuk didata dan dilakukan penyelaman pada esok harinya oleh tim penyelam. Personel yang terlibat seluruhnya terdata 2571 orang. Sedangkan peralatan yang dikerahkan terdata 81 unit kapal, 12 halikopter, dan 32 peralatan darat. 

Rencana operasi hari ini masih terfokus pada 4 sektor dengan luasan 2 NM. Pola pencarian masih sama, namun lebih spesifik karena badan pesawat telah diketahui titik koordinatnya.

Pesawat Sriwijaya SJ-182 route Jakarta-Pontianak dilaporkan hilang kontak pada Sabtu (09/1/2021) sore sekitar pukul 14.40 WIB. 

Artikel ini diambil dari laman basarnas.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait