Whatsapp Buat Kebijakan Baru, Pindah ke Telegram atau Signal?

Redaksi | 13 Januari 2021 | 22:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kebijakan baru Whatsapp membuat banyak penggunanya mengkhawatirkan soal keamanan data pribadi mereka. Aplikasi pengiriman sejenis, seperti Telegram, Signal atau Wechat pun mulai makin banyak dilirik dan menjadi alternatif. 

Kalau selama ini Anda sudah menggunakan Telegram, dalam beberapa hari ini Anda pasti banyak mendapatkan notifikasi seputar teman-teman di kontak Anda yang baru saja begabung dengan Telegram.

Dalam pengumuman yang dibuat hari ini, Telegram mengatakan sudah memiliki lebih dari 500 juta pengguna aktif di seluruh dunia. Dalam 72 jam terakhir, Telegran menyatakan pengguna barunya bertambah sebanyak 25 juta.

Tak hanya Telegram, aplikasi pengiriman pesan Signal juga mencuri perhatian dalam beberapa hari ini. Di Google Play aja Signal sudah diunduh lebih dari 10 juta kali. Popularitas Signal makin melejit setelah CEO Tesla, Elon Musk ikut merekomendasikan Signal lewat cuitan di akun Twitternya beberapa waktu lalu.

“use signal,” kata Elon Musk dalam cuitannya. Hanya dua kata, tapi karena Elon Musk mencuit pengaruhnya sungguh luar biasa.

Saat ini Whatsapp masih di posisi teratas dengan 2 miliar pengguna, Telegram 500 juta, dan Signal memiliki lebih dari 20 juta pengguna. Sementara Wechat juga tak kalah besar jumlah penggunanya, terutama di China. 

Jadi mana aplikasi pengiriman pesan yang lebih baik dan aman? Paling aman mungkin tak menyimpan atau mengirim data yang sifatnya pribadi dalam bentuk apapun di aplikasi manapun.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait