Bencana Longsor Sumedang, 28 Korban Meninggal Ditemukan Tim Gabungan

Redaksi | 17 Januari 2021 | 12:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Akibat bencana longsor yang terjadi di Cimanggung, Sumedang, Jawa Barat pada Sabtu (16/1), Tim SAR (Search and Rescue) Gabungan kembali menemukan 3 (tiga) korban meninggal dunia.

Menurut Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) per hari Minggu 17 Januari 2020 pukul 03.59 WIB, total korban yang berhasil ditemukan tim gabungan berjumlah 28 orang dan 12 orang masih dinyatakan hilang.

Cuaca hujan dan longsor susulan menjadi kendala dalam pencarian korban. Seperti  diinformasikan Badan Geologi, masih ada retakan di beberapa titik lokasi longsor, sehinggga tim gabungan perlu menjaga keselamatan saat melakukan evakuasi.

Dalam melaksanakan tugasnya tim gabungan menggunakan 4 (empat) alat berat dalam proses evakuasi korban selama beberapa hari ke depan.

Sebanyak 1.020 jiwa mengungsi, terbagi di pos pengungsian Lapangan Taman Burung dan rumah kerabat yang aman dari potensi longsor.

Longsor di Desa Cihanjuang, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat ini telah terjadi pada Sabtu (9/1). Peristiwa longsor terjadi dua kali, pertama pukul 16.00 WIB dan longsor susulan terjadi pada pukul 19.00 WIB.

Artikel ini diambil dari laman BNPB.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait