Gempa Sulbar: Bantuan untuk Warga yang Rumahnya Rusak 

Redaksi | 18 Januari 2021 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - BNPB akan memberikan dana stimulan bagi warga yang rumahnya mengalami kerusakan akibat Gempabumi Sulawesi Barat yang terjadi pada Jumat (15/1) dini hari.

Besaran dana stimulan masing-masing adalah 50 juta rupiah untuk Rumah Rusak Berat (RB), 25 juta rupiah untuk Rumah Rusak Sedang (RS), dan 10 juta rupiah untuk Rumah Rusak Ringan (RR).

Sebelumnya BNPB telah menyerahkan bantuan awal untuk operasional kebutuhan pokok penanganan Gempabumi Sulawesi Barat sebesar 4 miliar Rupiah pada hari ini, Sabtu (16/1). Bantuan diserahkan sebesar 2 miliar rupiah untuk Provinsi Sulbar dan masing-masing 1 miliar rupiah untuk Kabupaten Mamuju dan Kabupaten Majene.

BNPB juga telah mendistribusikan 8 set tenda isolasi, 10 set tenda pengungsi, 2.004 paket makanan tambahan gizi, 2.004 paket makanan siap saji, 1.002 paket lauk pauk, 700 lembar selimut, 5 unit Light Tower, 200 unit Velbed, 500 paket perlengkapan bayi, 500.000 pcs masker kain, 700 pak mie sagu dan 30 unit Genset 5 KVA.

BMKG pada Sabtu (16/1) pukul 06.32 WIB menginformasikan kembali terjadi gempabumi dengan kekuatan M5,0 di Kabupaten Majene. BMKG memprakirakan gempa susulan masih akan terjadi. BNPB mengimbau masyarakat tetap tenang dan selalu waspada terkait adanya potensi gempa susulan. 

Kepala BNPB Doni Monardo meminta  masyarakat Mamuju tidak mudah terpengaruh kabar bohong atau hoaks yang beredar dan meresahkan warga terkait peristiwa gempabumi Sulawesi Barat.

BNPB juga mengimbau masyarakat yang tinggal di kawasan perbukitan dengan tebing curam untuk waspada terhadap longsoran dan reruntuhan batu. Bagi masyarakat yang tinggal di kawasan pantai atau pesisir, diharapkan uselalu waspada dan segera menjauhi pantai apabila merasakan adanya gempa susulan.

Artikel ini diambil dari laman bnpb.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait