Presiden Jokowi Kunjungi Posko Pengungsian di Mamuju

Redaksi | 20 Januari 2021 | 23:59 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Setelah meninjau Kantor Gubernur Sulawesi Barat yang rusak karena gempa, Presiden Jokowi tiba di Stadion Manakarra, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat.

Kepala Negara ingin memastikan langsung bahwa evakuasi dan pertolongan yang diberikan kepada warga terdampak gempa telah berjalan dengan baik.

"Saya datang untuk memastikan bahwa proses evakuasi, bantuan kepada masyarakat, logistik untuk pengungsi, dan tenda-tenda pengungsi terkelola dengan baik. Ini yang ingin saya pastikan dengan datang ke sini," ujarnya di Stadion Manakarra, pada Selasa, 19 Januari 2021.

Presiden menyaksikan sendiri dampak besar yang diakibatkan gempa berkekuatan magnitudo 6,2 pada Jumat (15/1) yang melanda Kabupaten Mamuju dan Majene.

Jokowi memastikan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan dengan membangun kembali gedung-gedung pemerintahan yang roboh agar pelayanan publik dapat kembali berjalan.

"Saya sudah sampaikan ke Gubernur, untuk gedung-gedung pemerintah yang roboh, setelah diaudit, nanti segera pemerintah pusat akan bangun kembali," tutur Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan dukacita mendalam bagi para korban bencana gempa. 

"Saya ingin menyampaikan dukacita mendalam atas korban kurang lebih 80 orang yang meninggal yang telah ditemukan. Semoga yang ditinggalkan diberi keikhlasan dan kesabaran," tandasnya.

Stadion Manakarra saat ini dialihfungsikan sebagai tempat pengungsian bagi para warga terdampak bencana gempa. Sejumlah tenda didirikan untuk menampung warga dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Saat menyampaikan keterangan di posko pengungsian, Jokowi menjelaskan bahwa pemerintah pusat akan memberikan bantuan untuk perbaikan rumah warga yang mengalami kerusakan.

"Untuk rumah penduduk yang roboh, pemerintah akan membantu untuk yang rusak berat Rp50 juta, rusak sedang Rp25 juta, dan rusak ringan Rp10 juta," ucapnya.

Artikel ini diambil dari laman presidenri.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait