Hoaks: Vaksin Covid-19 memiliki Chip untuk Melacak Orang

Redaksi Kamis, 21 Januari 2021 02:00:07
Ilustrasi (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Sebuah video berdurasi 2:04 menit beredar di media sosial yang menampilkan cuplikan video penjelasan Ketua Tim Pelaksana Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Erick Thohir. Beserta potongan video lainnya, video itu mengklaim bahwa vaksin Covid-19 memiliki komponen yang bisa melacak lokasi orang yang telah disuntik vaksin Covid-19.

Faktanya, informasi ini sama sekali tidak benar

Dedy Permadi, Juru Bicara Kementerian Kominfo, menyatakan bahwa informasi tersebut adalah hoaks. Barcode yang terdapat pada kemasan vaksin Covid-19, yang dijelaskan oleh Erick Thohir dalam video tersebut, digunakan untuk pelacakan distribusi vaksin, dan tidak menempel pada orang yang telah menerima vaksin.

Sebaiknya kita memang kita tak langsung percaya pada semua informasi yang beredar di internet. Untuk masalah penting seperti vaksin, kita ikuti saja penjelasan resmi dari pihak terkait.

Artikel ini diambil dari satgas Covid19.go.id.

Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore
loading...
YANG INI LEBIH HEBOH
KOMENTAR
Komentar adalah tanggapan pribadi, bukan mewakili kebijakan redaksi tabloidbintang.com. Kami berhak mengubah atau tidak menayangkan komentar yang mengandung kata-kata berbau pelecehan, intimidasi, dan SARA.