Meyakini Terpapar Covid-19 Saat Makan, Ini Saran Doni Monardo

Redaksi | 25 Januari 2021 | 11:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo meyakini terpapar Covid-19 saat makan.

“Karena saat makan kita pasti lepas masker dan celah penularan terbuka. Sebaiknya saat makan, tidak ada orang lain di sekitar kita, untuk mencegah tertular atau menulari," tutur Doni Monardo di Jakarta.

Selama seminggu memimpin langsung penanganan bencana di Sulawesi Barat dan Kalimantan Selatan ada beberapa momen Doni Monardo harus melepas masker ketika makan bersama orang lain. "Jadi saya yakin pada saat melepas masker dan makan itulah saya tertular," kata Doni Monardo.

Sejak gempa bumi melanda Sulawesi Barat pada Jumat dini hari, 15 Januari 2021, Doni Monardo telah berada di lokasi bencana pada sore harinya. Dia berada dilokasi bencana –termasuk berkunjung ke Banjarmasin yang dilanda banjir bandang—selama seminggu sebelum kembali ke Jakarta Jumar sore (22/1).

Sebelas bulan terakhir sejak mulai menangani pandemi Covid-19, Doni Monardo selalu berusaha menghindari paparan virus dengan menuruti semua anjuran pakar kesehatan. Namun, dari semua langkah pencegahan rupanya tetap ada celah, sehingga terpapar virus corona.

Juru Bicara Nasional Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menduga aktivitas yang begitu padat dan melelahkan serta celah saat makan menjadi penyebab virus Corona menginfeksi Doni Monardo.

"Selain menjalankan protokol kesehatan dengan sangat ketat, kita juga harus menjadi imunitas dengan istirahat cukup, makan bergizi, serta rutin berolahraga,” katanya.

Artikel ini diambil dari laman satgas covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait