Platform Berbagi Informasi Banjir yang Bisa Dimanfaatkan Masyarakat

Redaksi | 31 Januari 2021 | 01:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Fenomena La Nina yang sedang terjadi di Indonesia telah meningkatkan potensi bencana hidrometeorologi yang bahkan telah terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. 

PetaBencana.id, platform berbagi informasi terkait banjir, sudah dimanfaatkan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk dalam situasi banjir di Kalimantan Selatan di awal Januari 2021. Warga telah melaporkan kondisi di wilayahnya, seperti titik lokasi dan ketinggian air di lokasi mereka. 

Laporan ini tentunya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, relawan dan pemerintah dalam merespon dan mengambil keputusan terkait penanganan banjir yang sedang terjadi.            

Sebagai bagian dari USAID DisasterAWARE Program for ASEAN Regional and National Capacity Development for Hazard Monitoring, data dari PetaBencana.id juga mendukung sistem monitoring bencana BNPB, yaitu InAWARE, yang dikembangkan oleh Pacific Disaster Center. 

Data dari PetaBencana.id juga mendukung aplikasi dan organisasi lainnya termasuk Pantau Banjir oleh Jakarta Smart City, aplikasi dan tim peneliti di  NASA’s Jet Propulsion Laboratory. PetaBencana.id juga didukung mitra dari Humanitarian OpenStreetMap Team (HOT), Twitter, dan Mapbox.

Lewat PetaBencana.id, warga dapat berbagi dan memantau informasi bencana di seluruh Indonesia secara real-time.

Artikel ini diambil dari laman BNPB.go.id

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait