Hujan Intensitas Tinggi Memicu Banjir dan Tanah Longsor di Semarang

Redaksi | 7 Februari 2021 | 11:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Hujan intensitas tinggi mengakibatkan banjir dan tanah longsor di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah pada Sabtu (6/2), sekitar pukul 05.00 WIB.

Lima kecamatan terdampak banjir di kota ini, yaitu Kecamatan Genuk, Gayamsari, Tugu, Semarang Barat dan Candisari. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) masih memantau titik-titik yang terendam banjir. BPBD menginformasikan adanya 11 titik jalan terdampak tanah longsor. 

Satu orang diberitakan hilang tertimbun tanah longsor. Kejadian di Kelurahan Jomlang, Kecamatan Candisari. Tim gabungan masih melakukan pencarian yang dinyatakan hilang tersebut. 

Dibantu TNI, Polri, dinas sosial dan sukarelawan, BPBD Kota Semarang melakukan evakuasi warga. Tim gabungan juga melakukan pendataan dampak di lapangan. Dapur umum telah beroperasi untuk melayani warga terdampak, yang berada di halaman kantor Kecamatan Gayamsari dan Kelurahan Manggangwetan. 

BPBD akan mendirikan tenda pengungsian dengan penerapan protokol kesehatan. Hasil kaji kebutuhan, tim gabungan memerlukan 10 unit perahu karet, 10 unit mobil operasional, tenda dapur umum, pompa air dan dua alat pemotong pohon. 

Berdasarkan prakiraan cuaca hingga dua hari ke depan atau 8 Februari 2021, Jawa Tengah termasuk daerah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang.  Masyarakat diiminta untuk selalu waspada dan siap siaga terhadap potensi bahaya hidrometeorologi, seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang. 

Artikel ini diambil dari laman BNPB.go.id

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait