Soal Protes Acara Lamaran Atta Halilintar dan Aurel, RCTI Tegaskan Tidak Melanggar Aturan

Supriyanto | 16 Maret 2021 | 13:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Prosesi lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, yang disiarkan langsung oleh RCTI pada Sabtu (13/3) menuai protes. Sekelompok organisasi menganggap tayangan tersebut tidak mewakili kepentingan publik dan melanggar UU penyiaran.

Terkait protes tersebut, stasiun televisi RCTI pun menyebut tidak ada yang salah saat menyiarkan  langsung lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah itu.

“Kita ketahui proses lamaran pun bagian dari budaya. RCTI ingin menampilkan keragaman budaya pernikahan Indonesia,” ujar Corporate Secretary Director MNC Group, Syafril Nasution dalam siatan pers yang diterima, Senin (15/3).

Menurut Syafril, salah satu tujuan RCTI menyiarkan langsung untuk membantu masyarakat yang ingin menyaksikan prosesi lamaran Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah. Sebab, di masa Pandemi Covid-19 ini mereka tak mungkin datang menyaksikan langsung ke lokasi mengingat harus menjaga protokol kesehatan.

“Siaran ini juga sangat membantu masyarakat dan keluarga besar yang ingin menyaksikan prosesi lamaran, apalagi dalam situasi seperti pandemi sekarang di mana pertemuan fisik dibatasi dan tamu yang datang ke lokasi juga terbatas,” terang Syafril Nasution.

"Publik pasti ingin tahu aktivitas mereka, apalagi ini kegiatan positif seperti lamaran dan pernikahan yang merupakan hal sakral bagi masyarakat Indonesia,” tutur Syafril Nasution.

Syafril mewakili RCTI menegaskan, sejauh ini masih beranggapan tayangan yang disiarkan tetap pada koridor peraturan UU Penyiaran. Apalagi mereka ingin menampilkan sebuah nilai positif yang bisa diambil untuk dijadikan contoh bagi generasi muda.

“Kami menilai tidak ada pelanggaran yang dilakukan dalam menayangkan prosesi pernikahan Aurel dan Atta ini, diharapkan tidak ada perbedaan perlakuan baik untuk public figure, anak pejabat, ataupun masyarakat, semuanya untuk menjawab kebutuhan pemirsa," pungkas Syafril Nasution.

Sebelumnya, rangkaian acara pernikahan Atta Halilintar dan Aurel Hermansyah, mulai dari lamaran, pengajian hingga akad nikah pada 3 April 2021 mendatang akan disiarkan langsung di stasiun televisi RCTI. Hal tersebut mendapat diprotes dari Koalisi Nasional Reformasi Penyiaran (KNRP). 

(Pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait