Konferwil ke-2, Erick Somba dan Yulis Sulistyawan Kembali Pimpin AMSI DKI Jakarta

Tubagus Guritno | 10 April 2021 | 19:45 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) DKI Jakarta melaksanakan Konferensi Wilayah (Konferwil) ke-2, pada Jumat (10/04/2021). Mengingat masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan Konferwil ini dilaksanakan secara hybride atau kombinasi luring dan daring.

Konferwil dihadiri oleh 39 pemimpin redaksi atau yang diutus mewakili media online anggota AMSI DKI Jakarta, serta sejumlah pengurus AMSI Pusat.

Acara yang dibuka oleh Ketua Umum AMSI Pusat Wenseslaus Manggut ini beragenda penyampaian laporan kerja dan kegiatan pengurus AMSI DKI Jakarta periode 2017-2020, serta pemilihan Ketua dan Sekretaris AMSI DKI Jakarta periode 2021-2024. 

Dalam laporan pertanggungjawabannya, Erick Somba, selaku Ketua AMSI DKI periode 2017-2020 menyampaikan beberapa hal. Berbagai target program kerja diakuinya tidak tercapai optimal. Penguatan terhadap masing-masing anggota, dalam usaha pemantapan bisnisnya juga belum tercapai. Ditambah lagi, pada saat sama, setahun terakhir masa kepengurusan terjadi pandemi yang berdampak pada ketidakcerahan iklim berusaha. Akibatnya sejumlah anggota AMSI DKI Jakarta terpaksa tidak lagi beroperasi. 

“Ada 6 perusahaan media anggota yang tutup. Begitu halnya dengan reposisi pengurus di perusahaan masing-masing sedikit banyak berpengaruh terhadap lancarnya roda organisasi,” ujar pria bernama lengkap Rikando Somba itu.

Erick juga menyampaikan bahwa di masa kepengurusan 2017-2020, banyak hal positif terjadi. Salah satu diantaranya terkait datadata keanggotaan. 

“Kini bertambah 9 anggota baru hingga AMSI DKI Jakarta menjadi wilayah dengan anggota terbanyak, yakni 61 media.  Juga tercatat 8 media lain yang saat ini masih dalam proses verifikasi untuk menjadi anggota baru AMSI DKI Jakarta,” beritahu Erick.

Terakhir, sesuai dengan motto Konferwil II AMSI DKI Jakarta: “Sinergi Erat Untuk Industri Media Kuat” Erick berharap ini bisa menjadi misi AMSI DKI Jakarta ke depan. 
“Dengan kian kompaknya sesama anggota, maka ekosistem media pun kian baik dan sehat,” tutupnya.

Laporan Erick Somba selaku Ketua AMSI DKI Jakarta secara bulat diterima oleh seluruh delegasi media yang hadir, baik luring maupun daring. Melalui musyawarah mufakat, para peserta Konferwil II AMSI DKI Jakarta juga secara aklamasi kembali memilih Erick Somba sebagai Ketua AMSI DKI Jakarta periode 2021-2024. 

Pemimpin Redaksi validnews.id itu pada periode keduanya memimpin AMSI Jakarta didampingi oleh Yulis Sulistyawan, Dewan Redaksi sekaligus General Manager tribunnews.com sebagai sekretaris.

Sebelum membuka Konferwil II AMSI DKI Jakarta, Ketua Umum AMSI Pusat, Wens Manggut kembali mengingatkan semakin banyak tantangan yang dihadapi oleh media online yang tergabung dalam AMSI. 

Menurut Wens media harus terus mencari format baru dalam penyampaian berita dan pendekatan kepada narasumber. Dia mengambil contoh semakin maraknya tokoh atau publik figur secara perorangan yang justru menjadi tempat narasumber menyampaikan informasi dan gagasan-gagasannya.

"Kalau di dunia entertainment mungkin sudah sejak lama dan banyak dilakukan oleh para selebriti dengan podcast-podcastnya. Banyak selebriti yang sedang menjadi pemberitaan hanya mau bicara kepada sesama selebriti di kanal youtube-nya. Sekarang di sektor lain, seperti politik dan hukum juga sudah mulai banyak dilakukan. Seperti dilakukan Refly Harun, Akbar Faisal, dan lainnya," ujar pria yang akrab disapa Kak Wens itu.

Selain memilih ketua dan sekretaris, forum tertinggi anggota di tingkat wilayah ini juga memilih Badan Pengawas dan Pertimbangan Organisasi. Tiga orang yang diusulkan dan disepakati forum yaitu Irna Gustiawati (Pemimpin Redaksi Liputan6.com), Maria Benyamin (Pemimpin Redaksi Bisnis.com), Maryadi (Vice President Business and Digital KataData.co.id). Selain itu anggota juga mengusulkan nama-nama yang menjadi Majelis Etik AMSI DKI Jakarta. 

Penulis : Tubagus Guritno
Editor: Tubagus Guritno
Berita Terkait