Kecam Pernyataan Joseph Paul Zhang, PBNU Minta Masyarakat Tak Terprovokasi

Redaksi | 22 April 2021 | 18:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pernyataan Joseph Paul Zhang dalam sebuah video viral yang menghina dan mencederai keyakinan dan ajaran umat Islam, mendapat kecaman keras Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H A Helmy Faishal Zaini. PBNU menyebut pernyataan itu masuk dalam penghinaan terhadap keyakinan umat Islam. Namun ia mengajak kepada umat Islam untuk tetap tenang dan tidak terprovokasi dan melakukan hal-hal di luar koridor hukum yang berlaku. 

Kesucian bulan Ramadhan harus senantiasa dijaga dengan cara-cara yang arif dan bijaksana, yang salah satunya, saling menghargai dan menghormati keyakinan umat beragama. PBNU meminta aparat kepolisian segara melakukan langkah nyata untuk menyelesaikan pernyataan yang meresahkan ini. 

"Meminta aparat keamanan, dalam hal ini Polri, segera melakukan langkah kongkret mengusut dan menangkap Joseph Paul Zhang atas perbuatannya tersebut," katanya dalam pernyataan sikap PBNU terkait hal ini, Ahad (18/4). 

Ketua PBNU Robikin Emhas memberikan apresiasi kepada aparat kepolisian yang dengan sigap melakukan penyelidikan melalui koordinasi dengan instansi terkait untuk mengetahui secara pasti keberadaan Joseph Paul Zhang. Robikin berharap, jika nantinya sudah cukup bukti-bukti penyelidikan untuk segera dilakukan penyidikan. Terkait hal ini, PBNU mempercayakan semua kepada kepolisian. Ia percaya kepolisian bisa membawa yang bersangkutan ke meja pengadilan untuk dimintai pertanggungjawaban. 

Pernyataan dalam video viral tersebut lanjut Robikin, sangat meresahkan masyarakat dan sangat melukai umat Islam. Bukan hanya umat Islam di Indonesia tapi juga umat Islam di seluruh dunia. "Maka yang demikian tidak boleh dibiarkan," tegasnya. 

Robikin mengajak umat Islam tidak menunjukkan sikap yang dapat memperkeruh suasana dengan membalas atau melakukan hal-hal lain yang merugikan umat Islam sendiri. Ia melihat bahwa oknum yang melakukan tindakan ini sangat sadar terhadap apa yang dikatakan dan dilakukan. Sehingga tindakan provokatif itu sangat mungkin disengaja. "Jangan menari di atas genderang orang lain. Jadi kita tetap mempercayakan ini semuanya kepada kepolisian," pungkasnya. 

Nama Jozeph Paul Zhang mendadak viral di media sosial karena membuat sayembara dengan menantang warga untuk melaporkannya ke polisi karena mengaku sebagai Nabi ke-26.

Artikel ini diambil dari laman nu.or.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait