Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 1 Syawal 1442 H Digelar 11 Mei 2021

Redaksi | 6 Mei 2021 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Jelang berakhirnya bulan Ramadan tahun ini, Kementerian Agama akan kembali menggelar sidang isbat (penetapan) awal bulan Syawal 1442 H. Akan digelar pada Selasa, 11 Mei 2021, bertepatan 29 Ramadan 1442 H.

Menag Yaqut Cholil Qoumas dijadwalkan memimpin langsung sidang isbat. Sidang isbat dilakukan mengikuti protokol kesehatan sehingga tidak semua perwakilan hadir secara fisik di kantor Kementerian Agama.

"Sesuai protokol kesehatan, undangan untuk menghadiri sidang dibatasi, hanya dihadiri Menag dan Wamenag, Majelis Ulama Indonesia, Komisi VIII DPR, serta sejumlah Dubes negara sahabat dan perwakilan ormas," kata Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin, di Jakarta, Rabu .

Panitia juga menyiapkan aplikasi pertemuan dalam jaringan (zoom meeting), baik untuk peserta sidang maupun media. Sebab, peliputan juga akan dilakukan secara terbatas.

"Kemenag bekerjasama dengan TVRI untuk menjadi TV Pool. Media yang ingin menyiarkan sidang isbat awal Syawal bisa berkoordinasi dengan TVRI," terang Kamaruddin. 

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Agus Salim menambahkan, tahapan sidang isbat dilakukan sebagaimana awal Ramadan lalu. 

Kemenag menjadwalkan akan melakukan rukyatul hilal pada 88 titik di seluruh Indonesia. "Hasil sidang isbat akan diumumkan Menteri Agama secara telekonferensi serta disiarkan langsung oleh TVRI sebagai TV Pool dan live streaming medsos Kemenag," tutupnya.

Sumber: kemenag.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait