Membandel, MUI Minta KPI Hentikan Sejumlah Program Ramadhan TV Ini

Redaksi | 6 Mei 2021 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - MUI melalui Komisi Informasi dan Komunikasi meminta Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) menghentikan sementara beberapa program Ramadhan di TV yang bermasalah meski sudah diberi masukan.

Tim Pemantau MUI pada Jumat (30/4) lalu menyampaikan temuan beberapa program bermasalah di paruh pertama Ramadhan, dalam pertemuan online dengan produser TV, yang difasilitasi KPI. Delegasi TV pun berkomitmen melakukan perbaikan.

Namun dalam pantauan paruh kedua Ramadhan, tim pemantau tayangan Ramadahan MUI menemukan potensi pelanggaran dan ketidakpatutatan di beberapa program yang sebelumnya sudah diberi saran perbaikan.

Ketua Komisi Infokom MUI, Mabroer MS, menjelaskan program-program tersebut adalah Sore-Sore Ambyar TransTV, Pas Buka Trans7, Sahur Seger Trans7, Ramadhan In The Kost dan Kring-kring Ramadhan in The Kost di Net TV, serta Pesbukers New Normal ANTV. Program-program ini tetap bandel dengan menayangkan tayangan yang mengandung unsur memperolok, merendahkan, melecehkan dan/atau mengabaikan nilai-nilai agama, martabat manusia Indonesia, dan memiliki makna jorok/mesum/cabul/vulgar.

Mabroer menyayangkan sikap ketidakseriusan dan nihilnya komitmen dari lembaga penyiaran untuk memperbaiki konten yang bermasalah itu. 

Merujuk Peraturan KPI, Mabroer menyatakan MUI meminta KPI menjatuhkan sanksi penghentian sementara terhadap tayangan-tayangan yang membandel itu. "Ini tak lain dimaksudkan agar ada efek jera sekaligus kesadaran terhadap posisi mereka sebagai agen perubahan, agen perbaikan moral bangsa dan agen mencerdaskan masyarakat," kata dia.

Sumber: mui.or.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait