Gempabumi 7.2 M Terjadi di Lepas Pantai Sebelah Barat Kabupaten Nias Barat

Redaksi | 14 Mei 2021 | 15:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melaporkan terjadinya gempabumi dengan parameter magnitudo 7.2 terjadi di lepas pantai sebelah barat Kabupaten Nias Barat, Sumatera Utara, Kamis (14/5) pada pukul 13.33 WIB.

Pusat gempabumi tersebut berada pada titik koordinat 0.10 LU dan 96.53 BT pada kedalaman 19 kilometer (km). Gempabumi tersebut tidak berpotensi tsunami.

Guncangan gempabumi dirasakan sedang selama 2-3 detik dari Kantor BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai yang berlokasi di Desa Tuapaja, Kecamatan Sipora Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai. Demikian dilaporkan Supervisor Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai, Adi.

"Gempa dirasakan sedang selama 2-3 detik di kantor BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai,” ungkap Adi melalui keterangan tertulis, dan menyebut guncangan gempabumi juga  dirasakan kuat selama 4-5 detik di Desa Simalegi, Kecamatan Siberut Barat, Kabupaten Kepulauan Mentawai.

Satgas Relawan BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai, Murdani yang berada di Desa Simalegi, juga melaporkan bahwa sebagian masyarakat Desa Simalegi sempat mengungsi ke lokasi yang lebih aman. Namun, kemudian mereka kembali ke rumah masing-masing.

“Sebagian masyarakat Desa Simalegi sempat mengungsi ke tempat lebih aman,” jelas Murdani melalui keterangan tertulis.

Dalam hal ini BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai telah melakukan kaji cepat dan berkoordinasi dengan instansi dan pihak-pihak terkait.

Berdasarkan laporan sementara, belum ada informasi korban jiwa maupun kerusakan bangunan akibat gempabumi. Dalam hal ini, BPBD Kabupaten Kepulauan Mentawai juga mengimbau agar masyarakat selalu waspada.

 

sumber:

https://www.bnpb.go.id/

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait