Siapkan 109 Check Point, Kakorlantas Pastikan Pemudik Bawa Surat Bebas Covid-19

Redaksi | 16 Mei 2021 | 19:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sebanyak 109 check point atau penyekatan disiapkan di seluruh wilayah Indonesia guna memastikan para pemudik membawa surat Swab antigen atau PCR Swab sebelum memasuki ibu kota DKI Jakarta. Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono memastikan akan ada pengetatan arus balik lebaran 2021.

Jumlah 109 check point ini kolaborasi antara Polri dan Satgas Covid-19 di wilayah. "Check point yang kita bangun secara nasional ada 25 di tol maupun arteri. Kemudian jajaran satgas wilayah membangun 85 titik. Jadi jumlah semuanya 109 titik check point atau penyekatan untuk kita lakukan random cek antigen," ucap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Gadog, Puncak, Jawa Barat, Jumat (14/5).

Ada sekitar 1,5 juta pemudik yang diperkirakan balik ke Jakarta. Jumlah itu terdiri dari 1,2 juta dari arah Bali maupun Jawa dan 300 ribu dari arah Sumatera.

"Pergerakan orang yang dari Jabodetabek menuju Jawa ini lebih kurang 1,2 juta. Ke Sumatera lebih kurang 300 ribu. Jadi total lebih kurang 1,5 juta. Baik sebelum puasa, puasa atau sampai lebaran ini. Karena itu kita harus kelola pergerakan (arus balik) ini," ujarnya.

Istiono menitikberatkan pada pergerakan arus balik dari Sumatera menuju wilayah Jabodetabek. Sebab, angka kasus Covid-19 di Sumatera cenderung naik dalam beberapa hari terakhir sedangkan ketersediaan ruang isolasi makin menipis.

"Pergerakan kendaraan dari Jawa menuju Jakarta mulai tanggal 15-16 Mei. Pemerintah telah melakukan langkah-langkah kebijakan, yaitu mengantisipasi pergerakan ini. Akan dilakukan random test antigen dari Bali, Jawa menuju Jakarta," jelasnya.

"Sumatera menuju Jakarta ini harus lebih ketat, sebab indikator persediaan tempat tidur RS dari Sumatera ini meningkat, menurut data Satgas Covid, yaitu di atas 56 persen. Karena itu Sumatera menjadi perhatian, sambungnya.

Korlantas bersama instansi terkait dan Satgas Covid-19 akan menggelar posko untuk Swab antigen secara acak dan gratis. "Nanti di Lampung, Bakauheni akan dibentuk check point. Jadi tidak ada yang lolos untuk pemeriksaan Swab antigen. Wajib untuk dilaksanakan sebelum pergerakan orang/barang dari Sumatera atau Jawa harus dilengkapi surat Swab antigen," pungkasnya.

Sumber: Humas Polri

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait