Cerita Windy Cantika Aisah, Peraih Medali Pertama Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020

Redaksi | 26 Juli 2021 | 08:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Windy Cantika Aisah mengaku senang dan bangga bisa menyumbangkan medali pertama untuk Indonesia di ajang Olimpiade Tokyo 2020. Atlet angkat besi Windy Cantika berhasil naik podium usai mengumpulkan poin dengan total angkatan 194 kg di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi saat bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7). “Alhamdulillah senang banget rasanya, di umur 19 tahun sudah ikut Olimpiade, bisa nyumbangin medali juga. Alhamdulillah sangat bersyukur,” ujar Windy Cantika Aisah saat konferensi secara virtual dipantau dari Jakarta, Sabtu (24/7) petang.

Menurutnya, hasil yang dicapainya tidak terlepas dari peran pelatih angkat besi Indonesia, Dirdja Wihardja yang selalu memberikan support dan semangat saat bertanding.

Sempat mengalami kendala pada angkatan snatch pertamanya seberat 84 kg. Beruntung, Windy Cantika langsung berhasil mengamankan angkatan pada kesempatan kedua. “Kuncinya mungkin tadi disemangati pak Dirdja,” katanya. “Jadi jangan patah semangat, katanya gitu,” tambahnya.

Windy Cantika mengaku sempat ingin meneteskan air mata saat clean and jerk karena tidak percaya bisa sampai berhasil meraih posisi tersebut. 

Sejak awal mengikuti ajang ini tidak pernah menargetkan medali dan tidak menyangka bisa menyumbangkan medali untuk Indonesia. Dia ingin semua mengalir saja dan selalu mengikuti apa yang diperintahkan pelatih. “Apa yang dikasih pelatih itu yang dikerjain, sama sekali tidak menargetkan medali, yang penting apa kata pelatih Windy kerjain,” katanya.

Pelatih Angkat Besi Indonesia, Dirdja Wihardja menyampaikan terimakasih atas dukungan dan doa semua masyarakat Indonesia. Hasil yang dicapai atlet angkat besi ini berkat kerja sama semua pihak dengan semboyan Together We Are Strong. “Kita sangat bangga dimana Windy Cantika ini the next generasi angkat besi, di umur 19 sudah dapat memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara. Semoga ke depan akan lebih baik,” harapnya.

Windy Cantika meraih medali perunggu yang turun di nomor 49kg putri cabang olahraga angkat besi saat bertanding di Tokyo International Forum, Sabtu (24/7). 

Windy Cantika berhasil mengumpulkan poin dengan total angkatan 194 kg. Ini menjadi medali pertama untuk Windy Cantika pada ajang Olimpiade. Windy memang sudah bersaing masuk tiga besar sejak angkatan snatch. Mendapat tiga kesempatan, ia memiliki angkatan terbaik 84 kg dan menempati posisi keempat.

Pada angkatan Clean and Jerk, Windy Cantika memanfaatkan kegagalan yang didapatkan wakil Amerika Serikat sehingga menempati posisi ketiga dan berhak atas medali perunggu. Medali emas didapat atlet China, Hou Zhihui yang juga membukukan rekor Olimpiade. Medali perak disabet wakil India, Chanu Mirabai. Hou Zhihui membukukan tiga rekor sekaligus saat meraih medali emas nomor 49 kg putri. Angkatannnya merupakan rekor baru di snatch, clean and jerk plus total angkatan.

Sumber: kemenpora.go.id

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait