Siapa (Alm) Akidi Tio? Pengusaha Aceh Penyumbang Rp 2 Triliun untuk Tanggulangi Covid-19 di Sumsel

Redaksi | 26 Juli 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menerima bantuan dana penanggulangan Covid-19 sebesar Rp2 Triliun dari keluarga almarhum Akidi Tio, pengusaha asal Kota Langsa, Aceh.

Penyerahan dana bantuan diserahkan oleh dokter keluarga mereka, Prof dr Hardi Darmawan di Palembang. Disaksikan Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru, Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol Eko Indra Heri, Kepala Dinas Kesehatan Sumatera Selatan Dra Lesty Nuraini Apt Kes, dan Danrem 044/Gapo, Brigjen TNI Jauhari Agus Suraji. 

"Ini luar biasa sekali, ada yang memberikan bantuan untuk penanganan covid-19. Bantuan berupa uang sebesar Rp 2 triliun," ujar Gubernur Sumatera Selatan H Herman Deru kepada media setelah penyerahan bantuan di Mapolda Sumsel, Senin (26/7)

Prof dr Hardi Darmawan menjelaskan, Akidi Tio adalah seorang pengusaha sukses di bidang pembangunan dan kontraktor. Meski sukses dalam bidangnya, Akidi Tio semasa hidup tidak pernah lewat dalam memberikan bantuan kepada orang-orang yang membutuhkan.

Kebiasaan itu juga Akidi Tio ajarkan kepada tujuh anaknya yang kini juga sudah jadi pengusaha sukses dan mayoritas menetap di Jakarta.

"Sesuai dengan namanya, Akidi artinya keyakinan. Dia sudah berpesan pada anak, cucu, cicit, kalau kamu berhasil di bidang apapun, jangan lupa menyisihkan untuk orang-orang miskin, itu pesan beliau," ujar Hardi.

Menurut Prof dr Hardi Darmawan, penyerahan bantuan di Sumsel karena Akidi Tio juga pernah tinggal di Kota Palembang. Keluarga itu begitu dermawan bahkan kerap memberikan bantuan rutin ke masyarakat. Luar biasanya, mereka melakukan itu tanpa ada publikasi ke media.

"Bahkan sebelum pandemi mereka juga sering membantu misalnya panti-panti jompo di Palembang ini banyak yang dibantunya. Apalagi dalam pendemi ini, jelas sekali banyak orang kesusahan," ujarnya.

Bahkan sudah banyak bantuan yang diberikan oleh keluarga alm. Akidi Tio dalam penanganan covid-19.

"Seperti kepada orang-orang yang melakukan isolasi mandiri, mereka banyak membantu misalnya kirim makanan. Hanya saja memang tidak dipublikasi," ujarnya.

Prof dr Hardi Darmawan sempat dibuat kaget dengan niat pemberian bantuan Rp.2 triliun oleh keluarga Akidi Tio untuk penanganan covid-19 di Sumsel.

"Biasanya mereka itu nelpon untuk berobat. Tapi justru waktu itu malah bikin saya surprise karena mereka bilang mau kasih sumbangan dana bantuan untuk penanganan covid dan kesehatan di Sumsel. Jumlah juga tidak tangung-tanggung besarnya," kata dia.

Sementara itu, Kapolda Sumsel Irjen Pol Eko Indra Heri mengatakan, Akidi Tio adalah keluarga yang ia kenal saat bertugas di Aceh beberapa tahun silam.  

***

dari Berbagai Sumber

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait