Angka Kematian Tinggi, Satgas Minta Pasien Bergejala Manfaatkan Fasilitas Isolasi Terpusat

Redaksi | 30 Juli 2021 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Angka kematian yang tinggi dalam 2 minggu terakhir harus disikapi dengan waspada dan antisipasi tinggi oleh masyarakat. Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 meminta masyarakat yang dinyatakan positif agar memanfaatkan fasilitas Isolasi terpusat di wilayah masing-masing.

"Masyarakat yang bergejala sedang, berat atau berusia di atas 45 tahun, atau memiliki komorbid, atau tidak memiliki tempat yang memadai melakukan isolasi mandiri, mohon untuk tidak melakukan isolasi mandiri," kata Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (29/7).

Melakukan isolasi terpusat, perawatan pasien diawasi langsung tenaga kesehatan dan dipantau baik tanda vital, gejala, pola makan dan obat-obatannya. Jika terjadi perburukan dapat langsung ditangani.

Masyarakat yang memutuskan melakukan isolasi mandiri, pastikan tidak memiliki gejala atau bergejala ringan, berusia kurang dari 45 tahun, tidak memiliki komorbid dan memiliki tempat yang memadai. Bisa menghindari kontak erat dengan anggota keluarga lain yang tinggal  dalam 1 rumah. 

"Selama isolasi mandiri, pastikan makan makanan yang bergizi, minum obat dan secara berkala mengecek termperatur serta saturasi oksigen," kata Wiku berpesan. 

Sumber: Covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait