Satgas Minta Ketidakpatuhan Terhadap Prokes Harus Disikapi dengan Tegas

Redaksi | 30 Juli 2021 | 16:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kepatuhan masyarakat memakai masker dan menjaga jarak masih menjadi catatan penting. Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan angka ketidakpatuhan harus diwaspadai dan disikapi tegas agar tidak berdampak besar terhadap laju penularan.

"Implikasi dari minimnya kepatuhan protokol kesehatan adalah kenaikan penularan di daerah," kata Wiku dalam Keterangan Pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Kamis (29/7).

Terdapat sekitar 27,03% desa/kelurahan memiliki tingkat kepatuhan yang rendah dalam memakai masker. Sekitar 28,36% desa/kelurahan memiliki tingkat kepatuhan yang rendah dalam menjaga jarak. 

Semua pihak yang bertanggung jawab dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia harus turut serta mengawasi jalannya protokol kesehatan. Mengambil sikap tegas terhadap para pelanggar dengan melakukan penindakan. 

"Saya mohon semua pihak yang bertanggung jawab, mengawasi jalannya protokol kesehatan untuk dapat lebih tegas menyikapi pelanggaran di daerahnya masing-masing," tegas Wiku. 

Bagi daerah yang telah bekerja keras dalam mengatasi kasus di daerahnya, Satgas memberikan apresiasi. Ke depan harus terus meningkatkan upaya penanganan agar laju penularan dapat dicegah dan angka kematian dapat ditekan.  

Sumber: Covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait