21 Juta Orang Indonesia Telah Divaksinasi Covid-19 Lengkap, tapi Jumlah Ini Baru 10 Persen

Redaksi | 4 Agustus 2021 | 17:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Vaksinasi Covid-19 terus digalakkan demi menciptakan kekebalan komunitas. Terhitung per 3 Agustus 2021, sudah lebih dari 21 juta penduduk Indonesia mendapatkan vaksinasi Covid-19 secara lengkap hingga dosis kedua! Di awal-awal pelaksanaan vaksinasi pemerintah sempat menarget proses ini harus selesai dalam waktu 1,5 tahun.

Pencapaian luar biasa ini tentu tak lepas dari antusiasme luar biasa dari warga yang ingin divaksin, para tenaga kesehatan, relawan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 beserta pihak-pihak lain yang ikut berkontribusi di dalamnya.

Meski vaksinasi Covid-19 terus digalakkan, jumlah masyarakat Indonesia yang sudah divaksin baru mencakup 10% dari total sasaran vaksinasi Covid-19 yang mencapai 208.265.720 orang. Jumlah ini masih jauh dari syarat yang diinginkan untuk mencapai kekebalan komunitas.

Saat ini pemerintah terus menggenjot pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, termasuk dengan memastikan stok vaksin tersedia. Pemerintah juga tak bosan-bosan terus mengingatkan bahwa vaksin aman dan terbukti melindungi.

Tapi soal keamanan dan efektivitas vaksinasi dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 tampaknya perlu lebih digencarkan lagi, agar tak ada lagi masyarakat yang menolak atau takut divaksin. Pemerintah juga perlu bersikap lebih tegas lagi pada pihak-pihak yang dengan sengaja melanggar protokol kesehatan. Apa boleh buat, di TV kita masih sering melihat kabar di berbagai tempat yang menunjukkan boleh meratanya pemahaman masyarakat dalam melawan pandemi Covid-19.

Sumber: Covid19.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait