Covid-19: Pemerintah Dukung Penggunaan Obat Tradisional yang Telah Uji Klinis

Redaksi Rabu, 4 Agustus 2021 23:59:58
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito (covid19.go.id)

TABLOIDBINTANG.COM - Masyarakat kerap menggunakan obat tradisional yang diyakini dapat menyembuhkan Covid-19. Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menjelaskan pemerintah sebenarnya mendukung upaya ini. 

"Pemerintah mendukung penggunaan obat tradisional oleh masyarakat, asalkan telah mendapatkan izin lisensi dari Badan POM," jelas Wiku Adisasmito saat memberikan keterangan pada media. 

Selama pandemi sudah banyak bukti ilmiah terkait obat Covid-19 dan terus berkembang. Banyak yang terbukti dan berkhasiat melalui uji klinis. Sejauh ini WHO menyarankan beberapa jenis obat yang digunakan pasien Covid-19 yang berdasarkan temuan klinis dan dibawah pengawasan dokter. "Masyarakat perlu mengetahui sebelum mengklaim sebuah obat, perlu uji klinis terlebih dahulu," lanjutnya.

Pemerintah saat ini terus menambahkan pasokan vaksin. Dan menjamin agar setiap masyarakat dapat memenuhi haknya untuk melakukan vaksinasi. Vakasinasi terus digalakkan di berbagai tempat demi mencapai kekebalan komunitas untuk mengalahkan virus Covid-19.

Sejauh ini vaksinasi masih diprioritaskan di daerah dengan populasi rentan, secara paralel mengejar cakupan nasional secara luas. Meski demikian, pemerintah berkomitmen mempercepat cakupan vaksin, salah satunya melalui kegiatan dibantu TNI/Polri agar distribusi vaksin tepat waktu.

Anda yang memenuhi syarat untuk menerima vaksinasi Covid-19 perlu segera mendaftarkan diri. Sampai saat ini vaksinasi masih diyakini sebagai salah satu upaya terbaik dalam melawan virus ini. Meski tak membuat kita kebal virus, vaksinasi dipercaya bisa meringankan gejala jika terpapar virus ini.

Sumber: Covid19.go.id.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore