Adakah Strategi Jangka Panjang Pemerintah dalam Menghadapi Pandemi Covid-19?

Redaksi Rabu, 11 Agustus 2021 17:00:36
Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito (Youtube)

TABLOIDBINTANG.COM - Masyarakat Indonesia harus bisa beradaptasi dengan Covid-19, seperti arahan yang pernah disampaikan Presiden Jokowi. Covid-19 berpeluang akan hidup berdampingan dengan masyarakat Indonesia dalam jangka waktu yang tidak sebentar.

Prof Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19  mengatakan bahwa Indonesia tengah menyiapkan strategi jangka panjang menghadapi Covid-19. Pemerintah selalu berhati-hati dalam mengambil setiap kebijakan dalam penanganan pandemi Covid-19 serta berupaya maksimal dalam pemulihan ekonomi nasional.

"Upaya terbaik yang bisa kita lakukan dalam menjalani dinamika yang ada, ialah memaksimalkan berbagai upaya pengendalian secara paralel untuk upaya proteksi maksimal," kata Wiku menjawab pertanyaan media dalam agenda Keterangan Pers Perkembangan Penanganan Covid-19 di Graha BNPB, Selasa (10/8) . 

Ke depannya pemerintah akan senantiasa memantau kondisi Covid-19 secara aktual. Hal ini dilakukan demi mengambil kebijakan yang tepat baik dalam hal penanganan kesehatan maupun pemulihan ekonomi. 

Tak hanya Indonesia, negara-negara lain dan organisasi internasional seperti World Bank dan Badan Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) juga tengah menyiapkan panduan baik dari sisi kesehatan maupun ekonomi. 

Strategi jangka panjang dalam menghadapi pandemi Covid-19 tampaknya harus benar-benar dipersiapkan. Sudah setahun lebih pandemi nyaris melumpuhkan dunia. Hidup berdampingan dengan Covid-19 seperti pernah dikatakan Presiden Jokowi tampaknya harus kita siapkan bersama. Memang tak mudah. Pengetatan dengan berbagai istilah yang dipakai jelas akan memperlambat pertumbuhan ekonomi. Sementara pelonggaran bisa berakibat pada penyebaran virus ini. Semoga kita menemukan cara tetap mencegah penularan tapi sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi.

Sumber: covid19.go.id.


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore