Pelatihan Kesiapsiagaan Lansia Hadapi Bencana Banjir dan Tanah Longsor  Pancoran Mas Depok 2021

Redaksi | 27 Agustus 2021 | 15:02 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Salah satu wilayah di Provinsi Jawa Barat yang rawan bencana adalah Kota Depok. Berdasarkan data Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional pada tahun 2016, Kecamatan Pancoran Mas merupakan salah satu kecamatan yang memiliki tingkat risiko bencana tanah longsor yang tinggi.

Peningkatan kejadian bencana banjir dan tanah longsor dalam kurun waktu 3 tahun terakhir ini di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok antara lain di Kelurahan Depok, Pancoran Mas, dan Mampang disebabkan oleh buruknya sistem drainase dan tingginya curah hujan.

Pada kondisi bencana, anak-anak dan kelompok rentan lainnya, seperti perempuan dan lansia menjadi korban paling banyak. Mayoritas kelompok lansia berada dalam kategori bahaya tinggi dan bahaya sedang saat terjadi bencana akibat keterbatasan fisik, gangguan sensoris, dan adanya penyakit-penyakit degeneratif yang diderita. Oleh karena itu, penting dilakukan upaya peningkatan pengetahuan dan perilaku kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana banjir di wilayah rawan banjir. 

Salah satu bentuk mitigasi bencana alam berupa pelatihan kesiapsiagaan lansia hadapi banjir dan tanah longsor telah dilaksanakan tanggal 25 Agustus 2021 yang lalu.

Peserta pelatihan terdiri dari 24 kader posbindu lansia titngkat kelurahan, 4 pengurus pokja lansia kecamatan, dan 2 staf kelurahan. Tujuan pelatihan adalah untuk  meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku kesiapsiagaan lansia dalam menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di Kecamatan Pancoran Mas Kota Depok. Media cetak berupa leaflet dan lembar balik serta video dikembangkan oleh tim pengabdi masyarakat SIL UI.

Pre-post test dilakukan sebelum dan setelah pelatihan untuk menilai sejauhmana perubahan pengetahuan peserta menghadapi bencana banjir dan tanah longsor.

Pelatihan ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang didanai oleh Hibah Pengabdian Masyarakat Internal Sekolah Ilmu Lingkungan UI Tahun 2021 dengan penagbdi utama Dr. Fatmah, M.Si. 
 

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait