Instagram Down di Indonesia dan Beberapa Negara Besar, Pengguna Tak Bisa Mengakses

Supriyanto Kamis, 2 September 2021 19:00:23
Aplikasi media sosial Instagram down atau tak bisa diakses di Indonesia dan sejumlah negara di dunia . (Depositphotos)

TABLOIDBINTANG.COM - Aplikasi media sosial Instagram down atau tak bisa diakses di Indonesia dan sejumlah negara di dunia pada Kamis (2/9) siang sekitar pukul 12.30 WIB. Dilihat dari situs Downdetector, ada banyak laporan dari pengguna yang mengeluhkan tidak bisa masuk ke layanan media sosial besutan Facebook itu.

Pengguna aktif mengaku kesulitan untuk masuk  ke dalam aplikasi maupun versi desktop, bahkan tidak bisa komen di dalam postingan hingga feed di timeline tidak bisa di-refresh.

"Instagram tidak bisa diakses via website, tapi kalau di hp bisa," ujar Ari Kurniawan, pengguna aplikasi Instagram kepada wartawan Kamis (2/9).

Pada laman situs Instagram pada menu desktop yang digunakan menunjukkan peringatan, "sorry, something went wrong" (Maaf, ada sesuatu yang salah).

Hal serupa dirasakan Ardita yang tak bisa mengakses situs Instagram via laptop yang ia gunakan. Halaman Instagram menunjukkan kode 5xx error.

Namun, kesulitan mengakses Instagram itu  hanya dirasakan sekitar 10 menit, kemudian selebihnya Instagram kembali bisa diakses di situs dan aplikasi ponsel.

"Kirain wifi tetangga gua down, tau-tau Instagram down," ungkap sebuah akun Instagram.

"Can't refresh! down?," tulis yang lain.

Dari situs Downdetector, diketahui laporan Instagram down ini mulai menanjak pada jam 13.17 WIB dengan 265 laporan. Sejak itu, angkanya pun semakin tinggi hingga mencapai 710 pada pukul 14.17.

Selain di Indonesia, beberapa negara tetangga juga mengali masalah yang sama. Dari pantauan peta di Downdetector, selain Indonesia, beberapa negara tetangga di Asia Tenggara juga mengalami Instagram down, seperti Singapura, Malaysia, dan Manila.

Beberapa negara bagian di Amerika Serikat, seperti Los Angeles, San Francisco, Seattle, New York, dan Boston juga terdampak Instagram down. Hingga saat belum ada pernyataan resmi dari pihak Instagram yang menjelaskan mengapa bisa down di sejumlah negara di Asia, Amerika Serikat, dan Eropa.

(pri)


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore