Komisioner KPAI Serukan Boikot TV yang Masih Tampilkan Saipul Jamil

Ari Kurniawan | 6 September 2021 | 07:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Retno Listyarti mendukung penolakan masyarakat terhadap Saipul Jamil di dunia pertelevisian Tanah Air. Aksi boikot yang digaungkan berbagai lapisan masyarakat terhadap Ipul dianggap Retno sebagai bentuk perhatian publik terhadap perlindungan anak. 

Retno mengatakan Saipul Jamil telah memberi contoh tidak baik kepada masyarakat. Pertama karena ia telah melakukan pencabulan terhadap anak laki-laki di bawah umur. Kedua, ia juga melakukan suap kepada petugas pengadilan. 

Menurut Retno, media semestinya memakai perspektif perlindungan terhadap anak. Oleh karena itu, sudah sepatutnya media tidak memberi ruang kepada pelaku pencabulan terhadap anak untuk kembali eksis.

"Petisi ini mengingatkan kita semua untuk tidak mentolerir dan tidak memberi ruang pada orang yang sudah melakukan perbuatan pencabulan terhadap anak," kata Retno Listyarti dalam video yang diunggah di kanal Youtube pribadinya, Minggu (5/9).

Imbauan juga disampaikan Retno kepada masyarakat, untuk tidak menonton acara televisi yang menampilkan Saipul Jamil. Cara ini, menurut Retno, efektif untuk membuat stasiun televisi untuk tidak lagi mengundang Ipul.

"Kita nggak usah nonton. Ketika dia muncul di TV atau di YouTube langsung saja ganti channel, kita boikot, jadi artinya diboikot oleh masyarakat. Maka dia nggak laku di dunia hiburan. Nggak laku dia juga kalau tampil di YouTube," kata Retno. 

Saipul Jamil bebas dari penjara pada 2 September 2021. Ipul disambut dengan meriah oleh orang-orang terdekatnya. Fakta ini mengundang keprihatinan di tengah masyarakat, mengingat mantan suami Dewi Perssik itu merupakan pelaku pencabulan anak di bawah umur yang tak sepatutnya disambut seperti pahlawan.

Penulis : Ari Kurniawan
Editor: Ari Kurniawan
Berita Terkait