Awas, Hati-hati Ada Aplikasi PeduliLindungi Palsu, Hanya Beda 1 Huruf

Redaksi Jumat, 10 September 2021 14:30:41
Awas, Hati-hati Ada Aplikasi PeduliLindungi Palsu, Hanya Beda 1 Huruf

TABLOIDBINTANG.COM - Kewajiban menggunakan aplikasi PeduliLindungi setelah menjalani vaksinasi Covid-19, membuat aplikasi milik pemerintah ini diinstal jutaan masyarakat Indonesia. Tingginya penggunaan aplikasi PeduliLindungi rupanya menggoda orang jahat membuat versi palsunya. Beberapa waktu lalu beredar kabar ada aplikasi lain yang menyerupai aplikasi PeduliLindungi. Menggunakan nama, logo juga warna yang dibuat mirip. Bedanya hanya ada tambahan huruf "a", menjadi pedulilindungia.com. Merespon munculnya aplikasi palsu ini, Kominfo, lewat rilis di laman resminya, menyatakan sudah mengambil tindakan.

Situs pedulilindungia.com adalah situs palsu dan bukan situs yang digunakan oleh Pemerintah untuk melakukan penanganan Covid-19. Seluruh isi dan informasi dalam situs pedulilindungia.com tidak terkait dengan situs PeduliLindungi.id dan tidak berhubungan dengan upaya Pemerintah melakukan penanganan Covid-19 dalam bentuk apapun. Begitu penjelasan Kominfo dalam rilisnya yang dikutip dari laman Kominfo.

Kementerian Kominfo menyatakan telah memutus akses terhadap situs pedulindungia.com yang menggunakan atribut logo, gambar, dan tampilan menyerupai situs pedulilindungi.id. Pemerintah menggunakan Aplikasi Pedulilindungi untuk melakukan upaya surveilans kesehatan sesuai Keputusan Menteri Kominfo No. 171 Tahun 2020 Tentang Penetapan Aplikasi Pedulilindungi Dalam Rangka Pelaksanaan Surveilans Kesehatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) beserta perubahannya.

Terkait munculnya aplikasi Pedulilindungi palsu ini, Kementerian Kominfo mengimbau masyarakat selalu waspada terhadap segala disinformasi dari situs dan aplikasi palsu yang mengatasnamakan PeduliLindungi dalam bentuk apapun. Masyarakat diminta hanya mengakses situs resmi pedulilindungi.id serta mengunduh aplikasi resmi PeduliLindungi di App Store dan Google Play Store. 


Penulis Redaksi
Editor Suyanto Soemohardjo
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore