Jeff Smith Cerita Pengalaman 5 Bulan Mendekam di Penjara karena Narkoba

Supriyanto | 17 September 2021 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Pemain sinetron Jeff Smith bebas dari penjara pada Selasa (14/9). Ia divonis lima bulan penjara karena kedapatan konsumsi narkoba jenis ganja. Putusan itu dibacakan majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat pada 8 September 2021. Lima bulan mendekam di penjara menjadi pengalaman berharga bagi Jeff Smith. Selama dipenjara, aktor berusia 23 tahun itu menjalani kehidupan yang berat. Banyak yang direnggut dari kebebasannya secara tiba-tiba.

"Sejujurnya lima bulan saja sudah cukup berat sih buat saya terutama yang saya pikirin yang utama itu Mama karena saya dari kecil sama Mama doang. Kepikiran aja sama Mama sendirian di sini nggak ada yang jagain. Kalau saya sih bisa jaga diri. Cuma Mama kayak perempuan sendirian gimana gitu. Itu sih yang saya pikirin selama lima bulan," ungkap Jeff Smith kepada wartawan, Kamis (16/9)

Jeff Smith bersyukur hingga waktunya bebas,  dirinya bisa melewatu masa hukuman dengan kondisi baik-baik saja. "Tapi, kondisi saya sama di sana alhamdulillah baik-baik saja dan alhamdulillah banget sekarang sudah sampai rumah," ungkap Jeff Smith.

Tidak dipungkiri, awal masuk penjara mental Jeff Smith sempat down karena tak pernah ada di dalam bayangannya bakal masuk hotel prodeo. "Kalau kesulitan jelas di awal-awal ya kesulitan. Namanya manusia biasanya di rumah tidur enak, ketemu sama orang yang disayang sebebas itu nggak ada batasan," tutur Jeff Smith.

"Sementara di sana (penjara) kita yang harus beradaptasi jalani hidup sendiri, ketemu tempat baru, cara makan baru, kehidupan baru. Alhamdulillah semua bisa aku lewati, ya walau beberapa kali sakit dalam penjara, alhamdulillah aku sekarang ada di rumah," beber Jeff Smith.

Pemain sinetron Putri untuk Pangeran itu menceritakan harus berbagi satu sel dengan tujuh narapidana. Jeff Smith bersyukur tempatnya ditahan tidak melebihi kapasitas, apalagi belum lama ini ada tragedi kebakaran di Lapas Kelas 1 Tangerang yang menelan korban 41 orang meninggal.

"Sebenarnya kalau rasa ketakutan itu nggak boleh terlalu dibesarkan karena rasa takut itu sendiri yang bakal ngancurin diri kita. Saya percaya kalau sudah waktunya, ya mungkin sudah waktunya saya harus ikhlas kenapa masuk penjara. Ya saya harus mengikhlaskan, gimana caranya saya harus hidup di sini," terang Jeff Smith.

Jeff Smith merasa wajar berbagi ruang dengan tujuh tahanan lainnya. "Di kamar aku sendiri alhamdulillah nggak, aku cukup sih pas, mungkin kapasitas kamar 8 orang dan aku ada di tujuh orang. Jadi menurut aku cukup, nggak terlalu sepi dan nggak kebanyakan orang juga," pungkas Jeff Smith.

Jeff Smith ditangkap karena narkoba pada Kamis, 15 April 2021 di kawasan Jagakarsa, Jakarta Selatan. Dari hasil tes urine, Jeff Smith dinyatakan positif narkoba jenis ganja.

(pri)

Penulis : Supriyanto
Editor: Supriyanto
Berita Terkait