Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Digelar Serentak di 30 Provinsi untuk Kejar Target

Redaksi | 7 Januari 2022 | 10:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kapolri meluncurkan Vaksinasi Merdeka Anak Usia 6-11 tahun serentak di 30 Provinsi di Indonesia, di SDN Mangga Dua Selatan 01 Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (5/1) lalu. Sebanyak 300 dosis vaksin disediakan, dan targetnya 200 siswa tervaksinasi pada hari itu. 

Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si menargetkan sebanyak 2,6 juta anak usia 6-11 tahun telah divaksinasi sampai akhir Januari 2022 guna mendukung tercapainya target nasional vaksinasi anak sebanyak 26 juta di seluruh Indonesia. Target vaksinasi ini bertujuan mendukung pembelajaran tatap muka (PTM) yang mulai dilaksanakan 100% pada pekan ini dan melindungi anak-anak dari keterpaparan Covid-19 khususnya varian Omicron yang perkembangannya cukup cepat.

''Untuk bisa mempersiapkan SDM unggul, mau tak mau anak-anak kita harus kita jaga dari risiko terkait munculnya varian baru atau varian-varian yang nanti muncul. Yang kita lakukan salah satunya memberikan kekebalan imunitas dengan vaksin,'' ujar Kapolri.

Acara ini juga dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. dan Wakil Menteri Kesehatan dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD, Ph.D.

Muhajir menambahkan, untuk daerah lain yang belum melaksanakan vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini, akan didistribusikan menyeluruh ke berbagai daerah, sehingga dapat target nasional dari Presiden sesegera mungkin tercapai.

Wamenkes Dante menambahkan bahwa kegiatan vaksinasi ini perlu segera dilakukan agar anak-anak dapat terproteksi secara maksimal. Ia menambahkan bahwa anak-anak dapat berpotensi menjadi carrier yang dapat menimbulkan cluster baru di sekolah maupun di rumahnya. "Kita harus melakukan percepatan pelaksanaan vaksinasi ini pada anak-anak,'' tambah Wamenkes.

Sumber: Kemkes.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait