Sudah Punya Tiket Vaksin COVID19 Booster? Langsung Datang ke Sentra Vaskinasi Terdekat, Tidak Perlu Daftar!

Redaksi Minggu, 16 Januari 2022 15:00:42
ilustrasi

TABLOIDBINTANG.COM - Masyarakat yang sudah memiliki tiket vaksin booster dapat langsung datang ke sentra vaskinasi terdekat dan tidak perlu mendaftar. Demikian dikatakan juru bicara vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi, kepada wartawan Sabtu (15/1).

“Kalau sudah dapat tiket dari PeduliLindungi datang saja,” kata Siti Nadia Tarmizi.

Ditambahkan Nadia, masyarakat juga bisa mendapatkan vaksinasi booster di mana saja, meski tidak sesuai domisili KTP. 

Masyarakat bisa membuka website PeduliLindungi di pedulilindungi.id untuk bisa mendaftar program ini. Kemudian isi nama lengkap dan NIK, dan klik periksa untuk memunculkan status dan tiket vaksinasi.

Atau dengan membuka aplikasi PeduliLindungi di ponsel, masuk dengan akun yang terdaftar, lalu masuk ke menu “Profil” untuk mengecek status dan jadwal vaksinasi booster di menu “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”. Jika sudah terdaftar, akan muncul status dan jadwal vaksinasi booster. Lalu cek tiket vaksin booster dengan masuk ke menu “Riwayat dan Tiket Vaksin”.

Pemerintah telah memulai pelaksanaan vaksinasi booster pada Rabu, 12 Januari 2022. Vaksin booster akan diberikan untuk masyarakat berusia 18 tahun ke atas, terutama lansia dan kelompok penderita masalah kekebalan tubuh, dan telah mendapatkan vaksin dosis kedua lebih dari enam bulan.

Pelaksanaan vaksinasi booster bagi sasaran Lansia dilaksanakan secara serentak di seluruh kabupaten/kota. Sementara sasaran non Lansia dilaksanakan di kabupaten/kota yang sudah mencapai cakupan dosis 1 total minimal 70% dan cakupan dosis 1 lansia minimal 60 persen. Penerima vaksinasi booster berusia 18 tahun ke atas dan telah mendapatkan vaksinasi primer dosis lengkap minimal 6 bulan sebelumnya.

Vaksinasi booster dilakukan melalui dua mekanisme yaitu mekanisme Homolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang sama dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya. Sementara itu, mekanisme Heterolog, yaitu pemberian vaksin booster dengan menggunakan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primer dosis lengkap yang telah didapat sebelumnya.

***

Sumber: covid19.go.id

 


Penulis Redaksi
Editor Tubagus Guritno
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore