Apa Makna Merah dan Kuning pada Perayaan Imlek?

Redaksi | 18 Januari 2022 | 20:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Tahun Baru Imlek 2022 jatuh oada tanggal berapa? Berdasarkan kalender dan jadwal libur nasional yang telah dirilis pemerintah Imlek 2022 jatuh pada tanggal 1 Februari di hari Selasa. Sayangnya tahun ini peringatan Imlek diperkirakan belum akan meriah lantaran masih dalam suasana Pandemi Covid-19. Namun, kemeriahan diperkirakan lebih baik dari tahun 2021 lantaran pengetatan kegiatan sudah dikurangi oleh pemerintah meski belum semua.

Bicara soal Tahun baru Imlek, biasanya identik dengan warna merah, dimulai dari pakaian, amplop angpao, bahkan sampai segala ornamen dari hari Imlek pasti berbau warna merah. Lalu apa makna di balik warna merah ini?

Peneliti dan budayawan Tionghoa, David Kwa, seperti dilansir National Geographic, menjelaskan bahwa warna merah yang digunakan di hari Imlek ini memiliki makna kebahagiaan.

Menurutnya, warna merah merupakan bagian dari unsur 'yang' (yin dan yang). Warna merah ini juga merupakan warna yang panas, warna dari matahari, warna dari api yang diharapkan dapat memberikan suasana yang hangat dan penuh kebahagiaan.

Tidak hanya warna merah, warna kuning juga menjadi warna yang kerap kalian jumpai di hari Imlek. Warna ini dianggap sebagai warna yang paling indah. Salah satu pepatah kuno Tiongkok berbunyi, 'Kuning menghasilkan Yin dan Yang', dimana hal inilah yang menjadikan kuning sebagai pusat dari segala hal.

Warna kuning menandakan netralitas dan juga keberuntungan, serta menjadi warna kekaisaran Tiongkok. Warna kuning ini sering sekali digunakan untuk menggantikan warna emas, untuk bersanding dengan warna merah.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait