Aktor dan Aktris Ukraina Tewas, Balerina Rusia Kecam Peperangan

Supriyanto Sabtu, 19 Maret 2022 22:00:23
Aktor Pasha Lee. (Instagram)

TABLOIDBINTANG.COM - Konflik Rusia ke Ukraina sejak awal Februari menelan banyak korban. Beberapa hari lalu, aktris Ukraina, Oksana Shvets tewas dalam sebuah bangunan perumahan di Kyiv akibat serangan roket Rusia.

Diberitakan, Oksana Shvets meninggal dunia di usia 67 tahun. Kabar duka tersebut dibagikan oleh rekan-rekannya di The Young Theater.

“Selama penembakan roket sebuah bangunan tempat tinggal di Kyiv. Seorang seniman Ukraina Oksana Shvets terbunuh. Kesedihan yang tidak dapat diperbaiki atas kematian Shvets,” bunyi kabar duka yang dibagikan kerabatnya.

Berita kematian Shvets pun telah dikonfirmasi Kyiv Post berbahasa Inggris yang menuliskan sang aktris terbunuh di Kyiv saat perang berlangsung.

Oksana Shvets sangat populer. Ia dikenal sebagai veteran panggung teater dan layar lebar selama beberapa dekade di Ukraina. Shvets pernah dianugerahi salah satu penghargaan artistik tertinggi Ukraina, yakni sebagai Honored Artist of Ukraine atau Well Deserved Artist.

Sebelumnya, pada 6 Maret 2022 aktor Ukraina, Pasha Lee juga meninggal saat baku tembak melawan tentara Rusia di Irpin, bagian utara Ukraina.

Pasha Lee menghembuskan napas terakhir di usia 33 tahun saat menjalani wajib militer di Ukraina akibat gempuran Rusia sejak Kamis, 24 Februari 2022 lalu. Pasha Lee bertugas di Unit Pertahanan Teritorial Ukraina.

Sebelum meninggal dunia, Pasha Lee melalui akun Instagram miliknya menyampaikan pesan untuk masyarakat Ukraina. Namun siapa sangka ternyata unggahannya itu sebagai yang terakhir.

Dalam unggahan terakhirnya Pasha Lee memajang foto dengan mengenakan pakaian militer. Postingan lima hari itu menyerukan pada rakyat Ukraina untuk bersatu.

"MARI BERSATU," tulis Pasha Lee di akun Instagram @pashaleeofficial beberapa hari sebelum dikabarkan meninggal.

Kematian warga sipil telah meningkat di Ukraina karena Rusia meningkatkan penembakan di kota-kota besar, termasuk ibu kota, Kyiv. Awal pekan ini, juru kamera Fox News Pierre Zakrzewski dan petugas lokal Oleksandra "Sasha" Kuvshinov tewas usai kendaraan mereka dihantam oleh tembakan yang datang.

Serangan Rusia ke Ukraina juga mendapat penolakan dari warga negara mereka, salah satunya balerina bernama Olga Smirnova secara terbuka mengakui malu akan kampung halamannya.

"Saya tidak bisa mengatakan bahwa dengan segenap jiwa saya, saya menentang perang.  Saya selalu bangga dengan orang-orang Rusia yang berbakat, berprestasi secara budaya, dan atlet di bidang olahraga," tulisnya lewat akun Telegram, dikutip dari New York Post.

(pri)


Penulis Supriyanto
Editor Binsar Hutapea
Install App Bion
Akses berita dan gosip lebih mudah
Download Aplikasi Android
Google playstore