Ini Harapan Jokowi Saat Melepas Kontingen Indonesia ke SEA Games Ke-31 di Vietnam

Redaksi | 10 Mei 2022 | 14:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Kontingen Indonesia yang akan berlaga pada SEA Games Ke-31 di Vietnam pada 12-23 Mei 2022 resmi dilepas Presiden Jokowi, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin, 9 Mei 2022. "Hari ini segera akan kita lepas kontingen SEA Games Ke-31 ke Vietnam. Saya ingin kontingen yang sekarang yang tadi disampaikan oleh Menpora lebih ramping, tapi kita semua masyarakat Indonesia ingin kontingen ini meraih prestasi yang setinggi-tingginya, meraih medali yang sebanyak-banyaknya untuk mengharumkan nama negara kita, bangsa kita Indonesia," ungkap Jokowi.

Jokowi ingin agar kontingen Indonesia bisa bertengger di posisi tiga besar klasemen perolehan medali. Berkaca pada beberapa SEA Games sebelumnya, Indonesia berada pada posisi kelima dan keempat. "Saya ingat di SEA Games-SEA Games sebelumnya, di Singapura 2015 kita berada di peringkat kelima. Kemudian di Malaysia kita juga masih berada di peringkat kelima. Dan di 2019 kemarin di Filipina, kita masuk ke peringkat keempat. Kali ini kita semuanya ingin agar SEA Games Ke-31 Vietnam kita bisa masuk ke rangking yang ketiga, kedua, atau yang kesatu," ujar Jokowi.

Presiden Jokowi optimistis prestasi tersebut bisa diraih karena seleksi para atlet yang akan dikirimkan ke ajang SEA Games Ke-31 di Vietnam ini telah dilakukan dengan baik. "Memang bukan hal yang mudah, tapi saya dengar seleksi telah dilakukan dengan baik dan kita harapkan prestasi itu betul-betul bisa menetas," tandas Jokowi.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam laporannya mengatakan pengiriman kontingen ke SEA Games kali ini berbeda. Menpora menyebut kontingen Indonesia yang dikirimkan ke SEA Games Ke-31 berdasarkan rekomendasi dari tim reviu adalah berjumlah 776 orang yang terdiri atas atlet 499 orang, ofisial 214 orang, dan pendamping 63 orang. Mereka akan mengikuti 318 nomor pertandingan dari 32 cabang olahraga dan kontingen ini akan dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Ferry Kono (Sekretaris Jenderal KOI) serta Wakil CdM Ade Lukman (Sekretaris Jenderal KONI). "Jauh berkurang dibandingkan dengan kontingen Indonesia yang dikirim ke SEA Games Ke-30 di Filipina tahun 2019 yang lalu, yaitu 1304 orang, terdiri dari atlet 841 orang, ofisial 300 orang, pendamping 163 orang," kata Menpora.

Acara pelepasan ini turut dihadiri Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari, dan Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman.

Sumber: presidenri.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait