Kontingen Indonesia Tembus Tiga Besar SEA Games 2021 Vietnam, Ini Kata Menpora

Redaksi | 23 Mei 2022 | 21:00 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Sesuai harapan Presiden Jokowi, kontingan Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar dalam SEA Games 2021 Vietnam dengan perolehan 69 emas, 92 perak, dan 81 perunggu atau  total 242 medali. Peringkat pertama menjadi milik tuan rumah dengan 206 medali emas, 123 perak dan 111 perunggu, total 439 medali. Peringkat kedua dipegang oleh Thailand dengan 92 emas, 101 perak, 134 perunggu, total 326 medali.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh atlet yang sudah berjuang, Duta Besar Indonesia untuk Vietnam, tim CdM, tim review, NOC Indonesia, KONI dan seluruh stakeholder olahraga terkait. 

Keberhasilan Indonesia masuk tiga besar di SEA Games 2021 Vietnam berkat kerja keras semua pihak, khususnya para atlet. Ini menjadi bukti Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) sudah berjalan di trek yang benar. "Dibandingkan sebelumnya, SEA Games 2021 Vietnam kali ini hampir separuh lebih sedikit atlet yang berangkat, tapi alhamdulilah medali yang kita raih sudah memenuhi harapan dan kita berhasil masuk tiga besar," ujar Menpora Amali Minggu (22/5) malam.

Menpora akan menggunakan cara dan sistem yang sama dalam keberangkatan atlet, bahkan akan lebih ketat lagi. Tahun 2023 sendiri akan ada Asian Games dan SEA Games Kamboja. "Tantangan kita ke depan jauh lebih berat. Target utama kita Olimpiade. Untuk menuju ke sana kita harus mulai dari sekarang perubahan paradigma olahraga Indonesia," ujar Menpora.

Menpora meyakini, jika perubahan paradigma baru olahraga konsisten dijalankan dengan baik, target Olimpiade 2044 menuju Indonesia Emas tahun 2045, Indonesia akan masuk 5 besar dunia. "Saya yakin kita bisa menembus 5 besar dunia jika kita konsisten," kata Menpora. 

Sumber: Kemenpora.go.id.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait